Saksi Ahli Sebut Putri Candrawathi Berkebutuhan Tinggi Pada Sosok Pemberi Rasa Aman

Rabu, 21 Desember 2022 - 13:03 WIB
loading...
A A A
"Bisa juga. Jika ajudan itu memberikan rasa aman kepada dirinya dia akan percaya kepada orang tersebut," ungkap Reni.

Reni membeberkan, Putri memiliki kebutuhan tinggi terhadap figur yang mampun memberikan rasa aman padanya. Manakala secara psikologi Putri memiliki serangan atau memiliki sesuatu yang membuatnya merasa takut, Putri bakal memcari rasa aman itu melalui figur yang membuat dirinya kuat, baik itu suaminya ataupun orang-orang terdekatnya.

"Termasuk apa yang dia alami secara langsung. Misal ada satu peristiwa ada yang membuat dia tersakiti, dia akan membicarakan hal itu kepada orang yang dia percayai?" tanya Jaksa.

"Dari hasil ini menunjukkan keadaan tersebut bisa terjadi, kecuali hal-hal yang bersifat sensitif. Pada hal yang bersifat sensitif yang bisa kemudian dia mengakibatkan rasa malu, dia mengakibatkan rasa takut, kewibawaan terancam itu akan selektif, tetapi mencari rasa amannya itu menjadi satu pola yang memang itu satu kepribadiannya," papar Reni.

Ia menambahkan, manakala Putri mengalami sesuatu yang sifatnya sensitif atau membuatnya merasa malu, bisa saja Putri menceritakannya pada figur yang dirasa Putri memberikan rasa aman tersebut. Dari pola kepribadian Ferdy Sambo dan Putri, keduanya memang tergolong saling membutuhkan.

"Dari kedua pola kepribadian Pak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi ini saling melengkapi nggak? Dukungan dari orang lain terutama dalam ambil keputusan Putri untuk ambil keputusan berisiko itu bisa didapatkan Putri, sementara Putri itu membutuhkan kebutuhan tinggi terhadap rasa aman, artinya mereka saling berkomunikasi?" tanya Jaksa.

"Betul. Saling membutuhkan," kata Reni.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)