Saksi Ahli Sebut Putri Candrawathi Berkebutuhan Tinggi Pada Sosok Pemberi Rasa Aman

Rabu, 21 Desember 2022 - 13:03 WIB
loading...
Saksi Ahli Sebut Putri Candrawathi Berkebutuhan Tinggi Pada Sosok Pemberi Rasa Aman
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi berpelukan sebelum mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/12/2022). FOTO/ANTARA/Galih Pradipta
A A A
JAKARTA - Ahli Psikologi Forensik Reni Kusumowardhani mengungkapkan, Putri Candrawathi adalah sosok yang memiliki kebutuhan tinggi atas figur yang memberikan rasa aman. Rasa aman itu bisa didapatkan dari orang tua, suami, hingga ajudan.

Hal ini disampaikan Reni saat menjadi saksi ahli sidang kasus pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2022). Reni membeberkan sejumlah hasil tes psikologi forensik terhadap Putri Candrawathi.

"Ibu Putri Candrawathi yang berfungsi memiliki kecerdasan pada taraf rata-rata orang seusainya, jadi berbeda dengan Pak FS. Hal ini menggambarkan kemampuannya untuk dapat memahami informasi dan menyesuaikan diri dari tuntuan lingkungan sesuai dengan orang pada umumnya," kata Reni di persidangan, Rabu (21/12/2022).



Menurut Reni, Putri memiliki pemahaman nilai sosial yang baik, tapi perencanaan perilakunya di lingkungan sosial tergolong kurang. Kurang dalam arti merespons lingkungan, termasuk pada saat menghadapi satu masalah dalam kehidupannya.

Adapun kapasitas fungsi memori Putri, kata Reni, tergolong baik, kemampuannya dalam menangkap, mengolah informasi, dan mengungkapkan kembali apa yang diingatnya. Putri memilki kemampuan merespons secara cepat terhadap tekanan dari lingkungan. Dengan potensi intelektual dan kapasitas memorinya, Putri berpotensi mengembangkan hal logis dan rasional memahami stimulus sosial dari lingkungan untuk bisa berespons secara cepat dan sesuai menurut keyakinanya.

"Dalam BAP ada hasil dari Bu Putri Candrawathi mengatakan kebutuhan tinggi terhadap figur yang mampu memberikan rasa aman. Maksudnya apa itu?" tanya Jaksa.

Baca juga: Ahli Psikologi Ungkap Brigadir J Sosok yang Dipercaya Putri Candrawathi

"Jadi, dia ini ada semacam dependensi secara emosional kepada orang yang objek bergantungnya. Dalam hal ini kepada orang tuanya, suaminya," kata Reni.

"Mungkin kepada ajudan-ajudan yang dia percayai?" tanya Jaksa lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)