Jujur dan Sederhana, Eks KSAU Ini Tak Mampu Lunasi Cicilan Rumah hingga Akhir Hayatnya

Senin, 12 Desember 2022 - 05:45 WIB
loading...
Jujur dan Sederhana, Eks KSAU Ini Tak Mampu Lunasi Cicilan Rumah hingga Akhir Hayatnya
Marsekal TNI Suryadarma dilantik menjadi perwira bintang empat pertama oleh Presiden Soekarno. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Nama Marsekal TNI (Purn) Suryadi Suryadarma sangat dikenal di kalangan TNI, khususnya bagi prajurit Angkatan Udara (AU). Maklum, Suryadi Suryadarma pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada awal-awal Indonesia merdeka 1946-1962.

Bahkan, namanya pun diabadikan menjadi sebuah nama pangkalan udara di daerah Subang, Jawa Barat. Namun bukan karena pengabdiannya di TNI AU yang membuat Suryadarma ini dihormati dan disegani melainkan karena sikapnya yang jujur, sederhana dan keteladanannya yang luar biasa sebagai pemimpin.

Ya, meski menjadi orang nomor satu di matra Udara dan masih memiliki garis keturunan ningrat dari Keraton Cirebon, Suryadarma memilih untuk hidup sederhana dan tidak mau bermewah-mewah dengan menggunakan fasilitas negara.



Hal itu diceritakan Adityawarman Suryadarma, putra bungsu Suryadarma dalam bukunya berjudul “Bapak Angkatan Udara Suryadi Suryadarma”. Pernah suatu ketika Suryadarma kembali ke Tanah Air seusai membuka Kedutaan Besar Indonesia di Kuba.

Setibanya di Jakarta, Suryadarma langsung menuju ke Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk mengembalikan sisa uang perjalanan beserta bukti pengeluaran. Tindakan itu membuat kasir yang menerima geleng-geleng kepala keheranan.



“Pak Surya, selama ini belum pernah ada yang seperti ini,” ucap kasir dikutip SINDOnews Senin (12/12/2022).

“Maksudnya bagaimana?” tanya Suryadarma tidak mengerti.

“Selama ini belum pernah ada yang mengembalikan uang perjalanan karena ada policy tidak tertulis bahwa apabila seseorang diberi uang perjalanan maka dianggap terpakai semua. Jadi tidak ada yang mengembalikan,” ucap kasir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)