Telkom Buka Blokir Netflix, Negara Diingatkan Dampak Siaran Publik di Tanah Air

Kamis, 09 Juli 2020 - 08:25 WIB
loading...
Telkom Buka Blokir Netflix, Negara Diingatkan Dampak Siaran Publik di Tanah Air
Telkom membuka blokir perusahaan teknologi video on demand asal Amerika Serikat, Netflix setelah hampir empat tahun memblokir layanan ini untuk diakses masyarakat Indonesia. Foto/gizmowriter.com
A A A
JAKARTA - Telkom membuka blokir perusahaan teknologi video on demand asal Amerika Serikat, Netflix setelah hampir empat tahun memblokir layanan ini untuk diakses masyarakat Indonesia. Kini IndiHome, Telkomsel dan Wifi.id dapat mengakses layanan tersebut.

Pengamat Kebijakan Publik, Jerry Massie berharap dampak dari dibukanya layanan Netflix harus menguntungkan negara. Sehingga, tak terjadi kegagalan sektor publik. (Baca juga: Mulai Hari ini, Telkom IndiHome dan Telkomsel Buka Blokir Netflix)

"Kalau ini baik maka tidak masalah. Yang penting TV nasional dan swasta tetap hidup," ujar Jerry saat dihubungi SINDOnews, Kamis (9/7/2020).

Jerry menganggap sebenarnya cukup berbahaya jika negara membuka kran yang luas terhadap berbagai siaran asing. Terlebih tak ditopang dengan regulasi yang ketat. Untuk itu, Jerry menyarankan agar Rancangan Undang-undang Penyiaran bisa dipercepat dibahas dan disahkan.

"Biar publik memahami seputar TV digital dan manual," kata Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini melanjutkan.

Menurut Jerry, ada banyak siaran-siaran asing yang mengudara di Indonesia tapi persoalanya apa negara untung atau justru buntung. Contoh di Amerika, jika ada siaran olahraga misalkan kejuaraan dunia tinju, maka warga AS membeli siaran USD100 dan pajaknya 10% hinggal 36,9%.

"Saya sepakat jika Telkom punya inovasi membukan siaran Netflix. Di sini bukan siaran atau program tapi pemasukan ke kas negara bagaimana," jelasnya.

Di sisi lain, lanjut dia, dibukanya blokir Netflix oleh Telkom juga berdampak terhadap siaran publik di Tanah Air. Salah satunya akan menurunkan jumlah penonton siaran dalam negeri. Apalagi saat ini siaran di channel YouTube saja sudah berpengaruh terhadap siaran nasional.

Maka itu, Jerry menegaskan, kebijakan membuka kembali blokir itu harus dibarengi regulasi yang ketat dan pengawasan yang esktra agar negara tetap mendapatkan keuntungan dari sisi profit dan perlindungan terhadap perilaku konsumen. (Baca juga: Netflix dkk Belum Juga Dipungut Pajak, Ini Masalahnya)

"Kelebihan TV digital yakni e-Commerce konsumen bisa langsung belanja dari rumah bahkan memudahkan mengetahui informasi lain seperti cuaca dan arus lalu lintas," tandasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)