Putri Wapres Harapkan Rekomendasi Rakernas SAHI Bermanfaat bagi Umat

Kamis, 24 November 2022 - 16:27 WIB
loading...
Putri Wapres Harapkan Rekomendasi Rakernas SAHI Bermanfaat bagi Umat
Siti Marifah Maruf Amin (lima dari kanan) berharap Rakernas SAHI menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat untuk umat. Foto: MPI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pembina Silaturahmi Haji dan Umrah Indonesia (SAHI) DR. Hj. Siti Ma'rifah Ma'ruf Amin mengatakan Kekuatan haji sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan umat. Karena itu dia berharap Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 SAHI dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi umat.

"Kiranya Rakernas SAHI dapat dioptimalkan untuk membangun jaringan dan program lintas provinsi sehingga bisa terintegrasi dengan baik. Sehingga rekomendasi yang ditujukan kepada pemerintah, baik itu Ditjen Haji Kemenag dan juga pimpinan daerah bisa bermanfaat kepada masyarakat,"kata Siti di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Terkait kekuatan haji, Siti menyampaikan bahwa kekuatan haji sangatlah besar, tidak hanya ritual ibadah yang mempunyai dampak secara individu tetapi kesalehan sosial.



"Biasanya yang sudah melaksanakan ibadah haji, berubah namanya menjadi baik dengan harapan tentu memberikan kebaikan,"ujar dia.

"Kemudian dari sisi tingkah laku harus berubah, makna haji sangatlah besar dampaknya baik membangun kepribadian individu, masyarakat dan tolok ukur kesejahteraan masyarakat,"katanya.

Untuk meningkatkan kesejahteraan tersebut maka, kata Siti, SAHI dapat berkontribusi di dalamnya dengan membangun rantai ekonomi keumatan.

"Rantai ekonomi umat harus dibangun SAHI dengan mengambil peran untuk melakukan langkah kolaboratif, membangun kemandirian ekonomi umat pada akhirnya membangun karakter bangsa yang berlandaskan nilai agama, prinsip Islam Wasathiyah," tuturnya.



Sementara itu, Ketua Umum DPP SAHI, Abdul Khaliq Ahmad mengatakan, Rakernas kali ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan SAHI selama dua tahun terakhir. Sekaligus merumuskan program-program baru sampai masa bakti kepempimpinan periode 2020–2025 berakhir.

"Jadi saya kira rakernas ini sangat strategis karena selain untuk mengevaluasi program yang sudah jalan juga merumuskan program-program yang akan kita laksanakan untuk tahun-tahun berikutnya,"tutur Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan ini.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2448 seconds (0.1#10.140)