Diplomasi Memuji Jokowi Taklukkan Tokoh Kunci G20

Sabtu, 19 November 2022 - 16:14 WIB
loading...
A A A
Aksi menanam mangrove di Tahura memang cukup menarik. Para pemimpin dunia diajak memegang cangkul panjang dalam sesi foto bersama atau biasa disebut family foto. “Sebelumnya sempat diusulkan memegang cetok atau cangkul pendek. Tapi akhirnya diputuskan menggunakan cangkul panjang biar nyaman untuk semua,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengungkapkan, bahwa pelaksanaan G20 yang dilaksanakan di tengah musim hujan menjadi tantangan tersendiri, terutama acara jamuan makan malam yang dihelat di Garuda Wisnu Kencana (GWK), pada Selasa (15/11) malam. “Saya sudah putuskan gala dinner di GWK, disiapkan lighting-nya dengan baik. Dan, prakiraan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) pada hari itu akan hujan,” ucap Jokowi.

baca juga: G20 Momentum Tepat Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Setelah mendapat informasi bahwa diperkirakan akan hujan, panitia merencanakan untuk melakukan rekayasa cuaca. “Kita menggunakan BMKG dan kita menyiapkan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca),” ujar Presiden.

Beberapa pemimpin redaksi menduga panitia G20 menggunakan jasa pawang hujan. “Enggak, kita ini ilmiah sekali. Setiap ada gumpalan awan yang menimbulkan potensi hujan langsung disergap tim TMC,” tutur Presiden menceritakan proses rekayasa cuaca.

Presiden juga menceritakan bagaimana dirinya dikabarkan adanya hujan yang terjadi sebelum acara jamuan makan malam. “Sore sampai malam, saya dikabari bahwa pesawatnya masih terbang. Jadi tiga hari jelang gala dinner urusan cuaca menjadi fokus panitia,” kata Presiden.

Saat malam pelaksanaan gala dinner, memang cuaca sangat bersahabat, udara sejuk dan tidak hujan. Para kepala negara pun sangat menikmati sajian makan malam sembari menyaksikan pagelaran seni budaya.
(hdr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)