Diplomasi Memuji Jokowi Taklukkan Tokoh Kunci G20

Sabtu, 19 November 2022 - 16:14 WIB
loading...
A A A
Misalnya, untuk Presiden Xi Jinping. Presiden Jokowi memanggilnya dengan sebutan Kakak Besar aliasbig brother. Lalu, untuk Presiden Joe Biden, Jokowi memanggilnya dengan sebutan senior. Tidak hanya dari sisi usia, Biden, ucap Jokowi, juga memiliki banyak sekali pengalaman politik di parlemen dan eksekutif sebelum terpilih jadi Presiden AS menggantikan Barack Obama . Panggilan akrab inilah yang membuahkan kedekatan dan suasana kebatinan yang hangat.

Kedekatan Biden kepada Jokowi juga dibuktikan saat Presiden AS itu memberi hormat kepada Presiden Jokowi di acara G20. Bahkan, Biden disebut sebagai satu-satunya pemimpin dunia yang memberi hormat kepada Presiden Indonesia itu. “Kita menggunakan cara agar suasana yang tegang menjadi cair dan perundingan tidak macet,” ungkap Jokowi.

baca juga: Langkah Pasti Indonesia dalam Konferensi G20

Presiden Jokowi juga mengaku cukup dekat dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron. Karena keduanya seringkali melakukan pembicaran via telepon dalam berbagai hal. Ini juga tampak saat akhir gala dinner di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Rabu (16/11). Macron masih terlihat berbincang intens dengan Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman saat kepala negara lain sudah meninggalkan lokasi jamuan makan malam itu.

Diplomasi Memuji Jokowi Taklukkan Tokoh Kunci G20


Sejumlah pemimpin redaksi media juga leluasa menyampaikan pertanyaan dan tanggapan atas paparan yang disampaikan Presiden Jokowi. Sehingga tidak terasa diskusi yang diselingi sarapan soto dan bakso itu sudah berlangsung hampir satu jam. Sementara Presiden Jokowi sedang bersiap terbang ke Bangkok pagi itu, untuk menghadiri KTT Apec.

Pemimpin redaksi media nasional yang ikut pertemuan dengan Presiden Jokowi di antaranya Timbo Siahaan (JakTV), Titin Rosmasari (CNN Indonesia), Maria Benyamin (Bisnis Indonesia), Pung Purwanto (Koran SINDO), Ardian Taufik Gesturi (Kontan), Retno Pinasti (SCTV), Kiki Iswara (Rakyat Merdeka), Don Bosco Salamun (Metro TV), Yura Sahrul (katadata), Primus Dorimulu (Investor Daily), dan Anton Aprianto (Tempo.co).

baca juga: G20, Indonesia Pimpin Pembangunan Kolaborasi Global

Sebelum mengakhiri pertemuan, Presiden juga menceritakan bahwa dirinya memantau langsung persiapan acara secara detil, satu persatu untuk memastikan semuanya sesuai rencana. “Entah berapa kali saya bolak balik ke Bali untuk mengecek satu satu. Ada empat kali saya ke Bali hanya untuk ini,” tambahnya.

Di antaranya persiapan yang paling unik adalah menentukan lokasi dan aksi untuk foto bersama para leaders, seperti halnya tradisi di G20 dalam family foto. Lokasi yang dipilih adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai dengan aksi menanam mangrove. Secara pemandangan Tahura sangat elok dan cantik. Secara aktivitas yakni menanam mangrove juga unik dan menarik. “Jangan yang biasa biasa saja. Coba kapan lagi bisa melihat Joe Biden, Macron dan pemimpin dunia mencangkul?,” ujar Jokowi sambil tersenyum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)