Jelang Puncak Presidensi G20, Satgas Waspadai Penyakit Mulut dan Kuku di Bali

Minggu, 13 November 2022 - 03:47 WIB
loading...
Jelang Puncak Presidensi G20, Satgas Waspadai Penyakit Mulut dan Kuku di Bali
Jelang pertemuan puncak Presidensi G20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022, Satgas Nasional memperketat strategi pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
BALI - Jelang pertemuan puncak Presidensi G20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022, Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) Nasional memperketat strategi pengendalian PMK.

Salah satu strategi pengendalian PMK adalah penerapan biosecurity untuk mencegah penyebaran virus PMK. Satgas PMK Nasional melakukan peninjauan aktivitas biosecurity langsung ke Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, Sabtu (12/11/2022).

Baca juga: Jokowi Konfirmasi Sekjen PBB Hadir di KTT G20 Bali

“Aktivitas biosecurity dengan penyemprotan kadang dilakukan setiap hari dan sudah berjalan dengan baik,” kata Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan dalam keterangan tertulisnya.

“Jangan berpuas diri dahulu, kasus PMK masih ada. Tetap perketat dan konsisten untuk menjaga Bali sebagai daerah zero reported case,” tegasnya.

Pelaksanaan biosecurity juga dilakukan bersama TNI, Polri dan Babinsa setempat sehingga realisasinya dapat berjalan secara maksimal.

Fajar turut berinteraksi dengan para peternak setempat dan mengapresiasi dukungan mereka pada perhelatan G20 melalui pengendalian PMK di Provinsi Bali.

Baca juga: Pengamat Militer: Presidensi G20 Bukti Pengakuan Negara-negara Besar kepada Indonesia

“Kami sangat mengapresiasi para peternak telah secara maksimal menerapkan strategi penanganan PMK, khususnya menjelang puncak acara G20,” tutur Fajar.

Selain teknis pelaksanaan kegiatan, Fajar kembali mengingatkan proses administrasi di lapangan untuk dilengkapi secara rapi dan teratur. “Kita adalah aparat negara, segala sesuatu pertanggungjawabannya harus akuntabel,” jelasnya.

Peninjauan dilanjutkan dengan mengunjungi Posko Satgas PMK yang berlokasi di Pelabuhan Padang Bai dan Benoa. Pada posko tersebut, dilakukan pemantauan terkait perkembangan data PMK dari Balai Karantina Pertanian Provinsi Bali serta pengamanan di sekitar pelabuhan untuk mencegah adanya hewan ternak yang keluar dari atau masuk ke Provinsi Bali.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2608 seconds (11.210#12.26)