Ribka Haluk Jadi Penjabat Gubernur Papua Tengah, Mendagri Bicara Persamaan Gender

Jum'at, 11 November 2022 - 19:25 WIB
loading...
Ribka Haluk Jadi Penjabat Gubernur Papua Tengah, Mendagri Bicara Persamaan Gender
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah melantik Ribka Haluk menjadi penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah. Foto/MPI/Widya Michella Nur Syahida
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) telah melantik Ribka Haluk menjadi penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah. Pelantikan di Lapangan Plaza Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta itu sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 115/P Tahun 2022 tentang pengangkatan penjabat gubernur.

"Ya itu emansipasi ya. Salah satu arus kuat sekali yang sekarang di masyarakat, di Indonesia kita ini adalah persamaan gender," kata Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Tito menilai sosok Ribka mampu memimpin wilayah Papua Tengah. Selain karena suami Ribka adalah orang Nabire, dia juga dinilai mampu menyelesaikan konflik pilkada saat masih menjabat sebagai Pj Bupati Kabupaten Yalimo.

Baca juga: 3 Provinsi Baru di Papua Butuh Ribuan ASN, Tertarik?

"Saya sedikit agak under estimate, tapi ternyata beliau mampu menyelesaikan. Nah, mudah-mudahan di Papua Tengah yang tidak gampang, saya tahu, itu beliau bisa merangkul semua pihak," tuturnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk mengatakan tantangan terbesar memimpin Papua Tengah adalah masalah geografis. Sehingga dia berharap kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

"Iya, pasti tantangan terbesar adalah masalah geografis ya wilayah itu yang mungkin menurut kami agak berat. Tetapi tentunya saya pikir dengan tim yang lain pasti kami akan melaksanakan dengan dukungan dari seluruh masyarakat di Papua Tengah," ujarnya.

Dia berpesan kepada perempuan Papua terus meningkatkan kapasitas, agar nantinya dapat menyumbangkan ide dan gagasannya untuk membangun bangsa dan negara. "Saya harap supaya semua perempuan Indonesia khususnya yang ada di Papua ya lebih terus meningkatkan kapasitasnya supaya bisa berkompetisi menyumbangkan SDM-nya untuk membangun bangsa dan negara. Harus lebih mempersiapkan diri," imbuhnya.

Sekada informasi, Ribka Haluk lahir di Piramid, 10 Januari 1971. Ribka merupakan alumni S3 lImu Manajemen Universitas Cenderawasih ini memiliki cukup banyak pengalaman, di antaranya yaitu Penjabat Bupati Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua (2021), Penjabat Bupati Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan (2017), Kadis Sosial dan Pemukiman Provinsi Papua (2014), Kadis Kesejahteraan Sosial dan Masyarakat Terisolir Provinsi Papua (2013).

Kemudian, Kaban Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Jayawijaya (2011) Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Jayawijaya (2010), Kasubbag Tata Usaha Kabupaten Jayawijaya (2009), Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Jayawijaya (2004), dan Kasubdin Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Jayawijaya (2001).
(rca)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2261 seconds (10.177#12.26)