Satgas Sebut Mayoritas Pasien Covid-19 Meninggal di RS Belum Divaksin Booster

Jum'at, 11 November 2022 - 07:35 WIB
loading...
Satgas Sebut Mayoritas Pasien Covid-19 Meninggal di RS Belum Divaksin Booster
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan mayoritas pasien Covid-19 yang meninggal di rumah sakit (RS) belum melengkapi vaksinasi booster. Foto/SINDonews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan mayoritas pasien Covid-19 yang meninggal di rumah sakit (RS) belum melengkapi vaksinasi booster.

“Benar adanya bahwa mayoritas masyarakat yang melakukan perawatan di rumah sakit selain lansia dan komorbid adalah orang-orang yang belum divaksin sampai dengan booster,” ujar Wiku dalam keterangannya, Jumat (11/11/2022). Baca juga: Covid-19 di Indonesia Hari Ini Bertambah 6.294 Kasus, Meninggal 37 Orang

Oleh karena itu, Wiku mengatakan pemerintah terus mengupayakan distribusi vaksin untuk seluruh kabupaten kota sehingga tidak terjadi kelangkaan.

Bahkan, kata Wiku, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mendatangkan 5 juta dosis vaksin Pfizer untuk mengisi adanya kekosongan vaksin di beberapa daerah.

“Saat ini sekitar 2,5 juta vaksin telah disebar untuk percepatan pelaksanaan kegiatan vaksinasi di kabupaten dan kota,” katanya.

Wiku pun menegaskan pemerintah saat ini berfokus meningkatkan cakupan booster serta sosialisasi untuk taat protokol kesehatan demi menjaga imunitas sebagai antisipasi puncak kasus Covid-19 ke depannya.

“Saya imbau kepada masyarakat khususnya yang belum melakukan vaksinasi sampai dengan booster atau dosis ketiga untuk segera mendatangi sentra vaksinasi terdekat di daerahnya,” tegasnya.

Kemudian, Wiku mengimbau gubernur, wali kota, camat, lurah seluruh daerah untuk tidak segan mengajak masyarakatnya melakukan vaksinasi dan meminta ke pemerintah pusat apabila stok vaksin di daerahnya telah habis. Baca juga: Satgas: Waspada, Kasus Positif dan Kematian Covid-19 Naik Dua Kali Lipat

“Semua ini merupakan upaya untuk menjaga masyarakat kita dengan herd immunity agar tetap tinggi di tengah kenaikan kasus Covid-19,” tutupnya.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3740 seconds (11.210#12.26)