alexametrics

Hotman Paris: Jiwasraya Menentukan Pembelian dan Penjualan Saham

loading...
Hotman Paris: Jiwasraya Menentukan Pembelian dan Penjualan Saham
Pengacara Hotman Paris menjelaskan, sebagai single investor, Jiwasraya merupakan pihak yang menentukan pembelian atau penjualan saham oleh Manajer Investasi. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pengacara Hotman Paris Hutapea menjelaskan, sebagai single investor, Jiwasraya merupakan pihak yang menentukan pembelian atau penjualan saham oleh Manajer Investasi.

"Ini bukan kolektif reksadana, ini single investor. Karena single investornya Jiwasraya, maka instruksi kemanapun dia yang menentukan," kata Hotman, di Kejaksaan Agung, Selasa (7/7/2020).

(Baca juga: Hotman Jelaskan Status Hukum Manajer Investasi Terkait Kasus Jiwasraya)

Dia menjelaskan yang menentukan pembelian atau penjualan saham oleh manajer investasi dalam kasus reksadana Jiwasraya adalah pemilik dana, yaitu Jiwasraya. "Jangan lupa bahwa perintah menjual, maupun membeli saham-saham tersebut kepada manajer investasi adalah Jiwasraya sebagai pemilik dana tersebut yang menyuruh. Jadi bagaimana mungkin manajer investasi bisa menolak," ungkapnya.



Dalam peraturan OJK Nomor 43, lanjut Hotman, disebutkan reksadana individual atau single investor harus mementingkan kepentingan nasabah. "Pasal 7 POJK Nomor 43 Tahun 2016 jadi secara hukum dipenuhi semua aturannya," jelasnya.

Seperti diketahui, Hotman telah ditunjuk oleh tiga manajer investasi sebagai kuasa hukum, yaitu PT MNC Asset Management, PT Maybank Asset Management, dan PT Sinarmas Asset Management. Ketiga perusahaan ini sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka korporasi dalam kasus Jiwasraya. Artinya, yang menjadi tersangka adalah korporasinya, bukan individunya.



Sesuai pembahasan dengan saksi dijelaskan, reksa dana dimana Jiwasraya menjadi investornya adalah transaksi yang sah, meskipun menggunakan produk single investor. Pasalnya, sudah ada 658 produk single investor yang disahkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Ternyata di OJK itu sudah 658 reksadana serupa yang single investor," paparnya.

Hotman menjelaskan, jumlah uang yang beredar pada produk reksa dana single investor mencapai Rp190 triliun. Setiap transaksi produk single investor tersebut OJK dapat fee sebesar 0,045%, sehingga negara juga diuntungkan dari transaksi tersebut.
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak