Deretan Jenderal yang Kuasai Beladiri Pencak Silat, dari Pangdam hingga Menteri

Rabu, 02 November 2022 - 19:11 WIB
loading...
A A A
Totok Imam Santoso merupakan anggota organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Ia dipercaya menjadi Ketua Bidang Teknik PSHT. Di bawah koordinator Totok Imam Santoso, tim pencak silat TNI AD meraih juara umum International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 dengan perolehan 5 emas dan 1 perak.

3. Brigjen Pol (Purn) Taufik Ansorie
Deretan Jenderal yang Kuasai Beladiri Pencak Silat, dari Pangdam hingga Menteri

FOTO/DOK.POLRI

Taufik Ansorie merupakan seorang purnawirawan Polri. Pensiunan jenderal bintang satu ini terakhir menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan.

Taufik cukup aktif di dunia pencak silat. Pada 2014 silam, pria kelahiran 10 Maret 1957 itu menduduki posisi Dewan Kehormatan dan Ketua Umum PSN Perisai Putih. Lulusan Akpol 1980 itu dilantik langsung oleh Eddie Marzuki Nalapraya, Bapak Pencak Silat Dunia.

4. Brigjen TNI (Pur) Agus Susarso
Deretan Jenderal yang Kuasai Beladiri Pencak Silat, dari Pangdam hingga Menteri

FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE

Agus Susarso merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Perguruan Silat Nasional (PB Persinas) ASAD. Dia terpilih secara aklamasi dalam Munas V Persinas ASAD pada 2021.

Persinas ASAD adalah perguruan pencak silat berasaskan Pancasila dan UUD 1945 yang bertujuan menghimpun seluruh potensi dalam melestarikan budaya bangsa, khususnya bela diri pencak silat nasional. Persinas bersumber pada aliran Silat Kunto, Cimande, Singa Mogok, Cikaret, Nagan, Cikalong, Garuda Mas, Syahbandar, Sabeni, dan Tangkap Menangkap.

5. Brigjen Pol Leo Bona Lubis
Deretan Jenderal yang Kuasai Beladiri Pencak Silat, dari Pangdam hingga Menteri

FOTO/IST

Leo Bona Lubis merupakan salah satu putra terbaik Perguruan Pencak Silat Merpati Putih. Ia didaulut menjadi Ketua Umum Merpati Putih pada Munas yang digelar di Gedung padepokan IPSI, Jakarta, 18-20 Maret 2022. Musyawarah nasional ini digelar tiap 4 tahun sekali untuk menentukan pimpinan pengurus pusat Merpati Putih selanjutnya.

Leo Bona Lubis merupakan lulusan Akpol 1990 yang berpengalaman di bidang Brimob. Jenderal bintang satu ini pernah menjabat sebagai Direktur Tindak dan Kejar Badan Narkotika Nasional (BNN). Sejak 16 November 2020, perwira kelahiran lahir 27 April 1968 ini mengemban amanat sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)