Deretan Jenderal yang Kuasai Beladiri Pencak Silat, dari Pangdam hingga Menteri

Rabu, 02 November 2022 - 19:11 WIB
loading...
Deretan Jenderal yang Kuasai Beladiri Pencak Silat, dari Pangdam hingga Menteri
Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki merupakan legenda hidup pencak silat. Dia dijuluki Bapak Pencak Silat Dunia. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE
A A A
JAKARTA - Jenderal yang menguasai beladiri pencak silat cukup banyak jumlahnya. Di sela aktivitasnya, di antaranya mereka memperkenalkan dan mengembangkan pencak silat di lingkungan kesatuan maupun daerahnya.

Berdasarkan buku berjudul Pencak Silat: Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat, Teknik-Teknik dalam Pencak Silat, Pengetahuan Dasar Pertandingan Pencak Silat karya Erwin Setyo Kriswanto (2015), pencak silat adalah bela diri asli dari Indonesia. Bela diri ini turun-temurun diwariskan oleh nenek moyang sebagai budaya bangsa Indonesia. Pencak Silat sebagai budaya nasional juga diakui UNESCO menjadi warisan tak benda dunia sejak 12 Desember 2019.

Arti pencak silat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah permainan (keahlian) dalam mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, menyerang dan membela diri dengan atau tanpa senjata. Sebagai seni beladiri, pencak silat juga mengandung unsur keindahan dan tindakan. Pencak silat merupakan hasil budi dan akal manusia, lahir dari sebuah proses perenungan, pembelajaran dan pengamatan.

Baca juga: Prabowo Berikan Wejangan kepada Para Pendekar: Hormati Orang Tua dan Bela Kebenaran

Sebagai budaya nasional, pencak silat dikuasai oleh beragam kalangan, dari mulai orang biasa hingga jenderal TNI/Polri maupun pejabat negara. Berikut ini deretan Jenderal TNI dan Polri yang kuasai beladiri pencak silat:

1. Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto
Deretan Jenderal yang Kuasai Beladiri Pencak Silat, dari Pangdam hingga Menteri

FOTO/DOK.SINDOnews

Prabowo Subianto merupakan Menteri Pertahanan ke-26 Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019 sampai saat ini. Prabowo adalah pendiri Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia. Ia mengajak seniornya mengembangkan Silat Baringin Sakti yang sebelumnya beraliran silat Minangkabau menjadi bentuk organisasi pencak silat yang beraliran nasional. Tepat pada 19 Juli 1987, bertempat di Lembah Pinus Ciloto, Jawa Barat, secara resmi didirikan organisasi bernama PPS Satria Muda Indonesia.

Prabowo Subianto terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) pertama kali pada 2004. Mantan Pangkostrad tersebut terus memimpin organisasi pencak silat nasional hingga saat ini. Untuk keempat kalinya, Prabowo terpilih pada Musyawarah Nasional PB IPSI, 18 Desember 2021, di hotel Aston, Sentul, Bogor, Jabar.

2. Mayjen TNI Totok Imam Santoso
Deretan Jenderal yang Kuasai Beladiri Pencak Silat, dari Pangdam hingga Menteri

Foto/DOK.SINDOnews

Totok Imam Santoso merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989. Prajurit TNI yang berpengalaman di bidang artileri medan ini pernah menjabat sebagai Gubernur Akademi Militer 2020-2021 serta Danpussenarmed Kodiklatad 2021-2022. Saat ini jenderal bintang dua ini menjabat sebagai Pangdam Baru XIV Hasanuddin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)