Profil Dede Indra Permana, Wakil Ketua BURT DPR Pengganti Johan Budi

Rabu, 02 November 2022 - 08:56 WIB
loading...
Profil Dede Indra Permana, Wakil Ketua BURT DPR Pengganti Johan Budi
Dede Indra Permana,. Foto/Tangkapan layar YouTube DPR RI
A A A
JAKARTA - Dede Indra Permana resmi ditetapkan sebagai Wakil Ketua BURT DPR, Selasa (1/11/2022). Dia menggantikan rekan sefraksinya, Johan Budi Sapto Pribowo.

Penetapan Dede sebagai Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Penetapan tersebut sesuai dengan surat dari pimpinan Fraksi PDI Perjuangan Nomor 178 F-PDI Perjuangan/DPR RI/10/2022 kepada pimpinan DPR tertanggal 12 Oktober 2022.

Johan Budi menyebut rotasi ini sebagai hal biasa. Menurutnya, hal seperti ini terjadi di semua fraksi, bukan hanya Fraksi PDIP. Johan mengatakan, Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto mengatakan dirinya dibutuhkan di Baleg DPR.

Mantan Juru Bicara (Jubir) Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengatakan, pemindahan dirinya BURT ke Baleg DPR tidak ada kaitannya dengan isu Dewan Kolonel.



Diketahui, Dewan Kolonel bertugas mendongkrak popularitas dan elektabilitas Puan Maharani, putri Megawati Soekarnoputri yang juga ketua DPR. Politikus senior PDIP Trimedya Pandjaitan didapuk sebagai koordinator Dewan Kolonel. Menurut Trimedya, ide pembentukan Dewan Kolonel berawal dari usulan Johan Budi, anggota Fraksi PDIP yang juga mantan jubir KPK

"Jadi dari pagi tadi banyak yang WA (kirim pesan WhatsApp) saya, seolah-olah ini ada kaitannya dengan Dewan Kolonel, saya kira enggak ada ya, kalau menurut saya enggak ada. Tapi enggak tahu kalau menurut yang lain," jelas Johan, Selasa (1/11/2022).

Sementara, Dede Indra mengatakan, pihaknya akan meneruskan program-program yang telah dicanangkan sebelumnya oleh pimpinan BURT yang lama.

Lalu, siapa Dede Indra Permana? Dikutip dari laman resmi DPR, Dede lahir di Semarang, 9 Juni 1982. Die menempuh pendidikan dasar hingga menengah di Semarang. Dia kemudian kuliah di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Sebelum menjadi anggota DPR RI pada 2019 dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah X, Dede merupakan anggota DPRD Jawa Tengah Tahun 2014-2019. Dede juga tercatat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia. Dede juga pernah menjadi Ketua Umum Karang Taruna Jawa Tengah.

Sementara, di struktur partai, Dede menjabat Wakil Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah Tahun 2019-2024. Saat ini, Dede duduk di Komisi III DPR yang membidangi masalah hukum, hak asasi manusia, dan keamanan.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2655 seconds (0.1#10.140)