Bijak Memilih Investasi

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 14:03 WIB
loading...
A A A
Kendati demikian, yang perlu diingatkan adalah, jangan sampai investor-investor yang baru masuk pasar saham ini tergiur berinvestasi karena pengaruh pom-pom saham atau influencer yang men-driveagar memilih saham tertentu. Pastikan saham yang dikoleksi benar-benar memiliki prospek yang baik di masa mendatang, serta memiliki fundamental yang kuat.

Di samping itu, jangan ragu untuk bertanya kepada kawan atau kerabat yang telah berpengalaman bermain saham. Jangan sungkan pula bertanya kepada perusahaan sekuritas tempat kita mendaftar untuk jual beli saham. Ini penting agar kita bisa mempertimbangkan saham yang dikoleksi benar-benar bisa memberikan keuntungan.

Pertimbangkan pula dan pastikan, model investasi apa yang akan ditekuni. Apakah untuk jangka panjang atau justru ingin investasi jangka pendek dengan menggeluti trading harian. Kedua cara ini tidak dilarang, asalkan harus tetap bisa dikenali risiko-risikonya.

Mesti diingat bahwa setiap investasi apapun itu bentuknya pasti ada risikonya. Sehingga, yang diperlukan adalah bagaimana kita bisa memitigasi risiko tersebut agar kalau pun mengalami kerugian tidak terlalu ‘ambyar’.

Satu lagi yang paling penting, pahami dan pastikan bahwa penyedia layanan investasi tersebut sudah terdaftar di orotiotas terkait seperti OJK sebagai otoritas pengawasan. Dengan demikian, kita berharap ke depan tidak ada lagi korban-korban investasi bodong yang bisa merusak tananan dan impian masyarakat.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)