Kemendes PDTT Gelar Lomba Kades Perempuan Berprestasi

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 20:19 WIB
loading...
Kemendes PDTT Gelar Lomba Kades Perempuan Berprestasi
Kemendes PDTT menggelar Lomba Kepala Desa (Kades) Perempuan Berprestasi Tahun 2022. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ( Kemendes PDTT ) menggelar Lomba Kepala Desa (Kades) Perempuan Berprestasi Tahun 2022. Lomba yang dilaksanakan mulai hari ini, 15 Oktober hingga 28 November 2022, mempertandingkan pencapaian serta prestasi kades perempuan di bidang ketahanan pangan serta pembangunan manusia di tingkat desa.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menjelaskan, lomba ini digelar untuk memperingati Hari Perempuan Desa Sedunia dengan tujuan memotivasi kades perempuan agar lebih maksimal dalam membangun desa. Ia berharap dari lomba ini akan muncul kades-kades perempuan terbaik dan berprestasi yang akan memberikan contoh praktik kepemimpinan perempuan di desa, sehingga dapat meningkatkan ketertarikan perempuan-perempuan Indonesia untuk menjadi pemimpin.

"Penilaian dilakukan melalui 3 tahap, yaitu analisis SDGs Desa, dengan menggunakan sistem informasi desa dengan memperhitungkan jumlah penduduk desa; wawancara virtual dengan kepala desa yang masuk nominasi berdasarkan hasil analisis; dan verifikasi lapangan desa yang masih nominasi berdasarkan hasil wawancara virtual," kata Gus Halim di Operational Room Kantor Kemendes PDTT, Sabtu (15/10/2022).

Kepala desa perempuan yang masuk 10 besar nasional, serta juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan piagam penghargaan dan lencana kepala desa perempuan berprestasi. "Serta dana pembinaan untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa terutama untuk segmen perempuan," katanya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3472 seconds (11.97#12.26)