Ini 5 Menteri Pertahanan Indonesia yang Tidak Berasal dari Latar Belakang Militer

Kamis, 13 Oktober 2022 - 16:59 WIB
loading...
A A A
2. Matori Abdul Djalil

Menteri Pertahanan Indonesia yang bukan berasal dari militer berikutnya adalah Matori Abdul Djalil. Dikutip dari laman Perpusnas, pria kelahiran Salatiga 11 Juli 1942 ini diketahui sudah aktif dalam berbagai kegiatan di organisasi Nahdlatul Ulama (NU) sejak muda.

Pernah menjadi Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Cabang Salatiga, setelahnya Matori Abdul Djalil juga memiliki karier bidang legislatif yang cukup mentereng.

Dia sempat menjadi Wakil Ketua DPRD II Salatiga, Wakil Ketua DPRD II Semarang, anggota DPR Fraksi PPP, hingga Wakil Ketua MPR RI. Kemudian, pada periode 2001 hingga 2004, Matori diberikan amanah untuk menjabat Menteri Pertahanan di Kabinet Gotong Royong era Presiden Megawati.

3. Mahfud MD

Kemudian ada Mahfud MD. Saat ini, pria kelahiran 13 Mei 1957 tersebut menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dalam riwayat kariernya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini sebelumnya juga pernah menempati posisi Menteri Pertahanan Indonesia, tepatnya pada periode Agustus 2000 hingga Juli 2001.

Baca juga : 6 Menteri Pertahanan Termuda Sepanjang Sejarah Indonesia, Nomor Terakhir Berusia 22 Tahun

4. Djuanda Kartawidjaja

Ir. Raden Djuanda Kartawidjaja merupakan salah satu tokoh nasional yang banyak berkontribusi untuk Indonesia. Dikutip dari pemberitaan Sindonews, putra bangsawan dari pasangan Raden Kartawidjaja dan Nyi Monat ini lahir di Tasikmalaya, pada 14 Januari 1911.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)