6 Menteri Pertahanan Termuda Sepanjang Sejarah Indonesia, Nomor Terakhir Berusia 22 Tahun

Senin, 10 Oktober 2022 - 12:18 WIB
loading...
6 Menteri Pertahanan Termuda Sepanjang Sejarah Indonesia, Nomor Terakhir Berusia 22 Tahun
abatan Menteri Pertahanan tercatat pernah ditempati oleh sejumlah tokoh muda. Salah satunya Supriyadi. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Jabatan Menteri Pertahanan tercatat pernah ditempati oleh sejumlah tokoh muda. Sedikitnya ada enam Menteri Pertahanan termuda sepanjang sejarah Indonesia.

Dikutip dari laman Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, pasca Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, roda pemerintah bangsa Indonesia mulai terbentuk.

Baca juga : Tumbuhnya Kesadaran terhadap Ruang Pertahanan Kita

Pada kabinet pertama yang ditetapkan, Indonesia belum memiliki Menteri Pertahanan. Adapun untuk fungsi Kementerian Pertahanan Negara diurus oleh Kementerian Keamanan Rakyat yang dipimpin seorang Menteri Keamanan Rakyat.

Berikut enam Menteri Pertahanan termuda sepanjang sejarah Indonesia.

1. Mahfud MD

Berikutnya ada Mahfud MD. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 13 Mei 1957 merupakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan, tepatnya pada kurun waktu 2000-2001.

Jika mengacu pada tahun kelahirannya di 1957, Mahfud MD menempati posisi sebagai Menteri Pertahanan pada usia sekitar 43 tahun.

2. Abdul Haris Nasution

Dalam riwayat kariernya, Abdul Haris Nasution pernah menempati banyak jabatan penting di Indonesia. Dikutip dari laman TNI Mil, pria kelahiran 3 Desember 1918 ini pernah menjabat sebagai Menteri Keamanan Pertahanan, yakni pada tahun 1959.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)