Ini 5 Menteri Pertahanan Indonesia yang Tidak Berasal dari Latar Belakang Militer

Kamis, 13 Oktober 2022 - 16:59 WIB
loading...
Ini 5 Menteri Pertahanan Indonesia yang Tidak Berasal dari Latar Belakang Militer
Menteri Pertahanan Indonesia tak selalu dijabat oleh seseorang yang berasal dari latar belakang militer. Foto DOK kemenhan
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Indonesia tak selalu dijabat oleh seseorang yang berasal dari latar belakang militer . Meski begitu, para Menteri ini tetap bisa menjalankan tugasnya dengan baik, setidaknya sampai masa jabatannya berakhir atau digantikan.

Dikutip dari laman Kementerian Pertahanan Republik Indonesia , pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia mulai membentuk pemerintahan dengan menyusun kabinet pertamanya.

Saat itu, sejatinya Indonesia belum memiliki Menteri Pertahanan. Adapun tugas dari Kementerian Pertahanan Negara difungsikan kepada Menteri Keamanan Rakyat.

Baca juga : Ini 4 Menteri Pertahanan Indonesia yang Berasal dari Korps Baret Merah

Berikut lima Menteri Pertahanan Indonesia yang tidak berasal dari latar belakang militer.

1. Juwono Sudarsono

Prof. Juwono Sudarsono dikenal sebagai seorang politikus Indonesia. Dalam riwayatnya, pria kelahiran Ciamis 5 Maret 1942 ini pernah menempati berbagai jabatan penting di pemerintahan.

Dikutip dari laman Perpusnas, Juwono Sudarsono mendapatkan gelar sarjana di Universitas Indonesia tahun 1965. Setelahnya, dia melanjutkan pendidikannya ke Institute of Social Studies di Den Haag, University of California di Amerika Serikat, serta The London School of Economics di Inggris.

Dalam sepak terjangnya, Juwono Sudarsono pernah mengemban amanah sebagai Menteri Negara Lingkungan Hidup pada Kabinet Pembangunan VII Presiden Soeharto (1997-1998) serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Reformasi (Mei 1998-Oktober 1999).

Selain itu, dia juga sempat dua kali menjabat Menteri Pertahanan Indonesia. Masing-masing pada periode Oktober 1999-Agustus 2000 (era Presiden Gus Dur) dan periode Oktober 2004-Oktober 2009 (era Presiden SBY).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)