KJRI Houston Berkoordinasi dengan Kemlu untuk Pulangkan Jenazah Novita di Texas

Senin, 10 Oktober 2022 - 20:49 WIB
loading...
KJRI Houston Berkoordinasi dengan Kemlu untuk Pulangkan Jenazah Novita di Texas
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston terus berkoodinasi dengan Kemlu untuk memfasilitasi pemulangan WNI bernama Novita Kurnia Putri (NKP). Foto/news4sanantonio.com
A A A
JAKARTA - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston terus berkoodinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk memfasilitasi pemulangan WNI bernama Novita Kurnia Putri (NKP). Novita dilaporkan tewas usai menjadi korban salah tembak di San Antonio, Texas, Amerika Serikat (AS) pada Selasa, 4 Oktober 2022 lalu.

KJRI di Houston, Andre Omer Siregar mengatakan, pemulangan jenazah Novita dari AS ke Indonesia membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan proses panjangnya penerbitan dokumen kematian oleh Departemen Kesehatan setempat.

Setelah mendapatkan kabar tersebut, Konjen RI Houston, Andre Omer Siregar telah ke TKP dan bertemu dengan suami korban, Robert A Brazil.

Baca juga: KJRI Houston Fasilitasi Pemulangan Jenazah Wanita Indonesia yang Tewas Diberondong Tembakan di Texas

Andre turut menyampaikan belasungkawa yang mendalam dan bertemu dengan pihak kepolisian guna mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai peristiwa tersebut.

"KJRI Houston kemudian menerima permintaan repatriasi jenazah almarhumah dari pihak keluarga yang berada di Indonesia," kata Andre dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (10/10/2022).

Untuk itu Konjen RI Houston, telah bertemu dengan Sekda Negara Bagian Texas, John B Scott, untuk meminta bantuan agar dapat mempercepat proses administrasi pemulangan jenazah. Terutama soal penerbitan Certificate of Death oleh Departemen Kesehatan terkait.

"KJRI Houston juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk memfasilitasi keinginan pihak keluarga almarhumah," ujarnya.

Sesuai keinginan dari pihak keluarga, jenazah almarhumah Novita Kurnia Putri rencananya akan dimakamkan di kota Semarang, Jawa Tengah.

KJRI Houston dan Kementerian Luar Negeri pun mengaku akan terus memantau perkembangan pemulangan jenazah almarhumah Novita Kurnia Putri.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)