Ketidakpastian Ekonomi dan Bauran Kebijakan

Senin, 10 Oktober 2022 - 08:03 WIB
loading...
A A A
Selain itu, investasi yang juga menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional nomor dua setelah konsumsi pun perlu didorong oleh pemerintah, terutama investasi skala kecil dan menengah. Hal ini merupakan bentuk upaya pengembangan UMKM agar tetap produktif sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan. Hal itu karena mendorong investasi skala kecil dan menengah adalah bentuk strategi keluar (exit strategy) dari tekanan resesi yang inklusif dan berkelanjutan.

Investasi skala ini sering terlupakan padahal efektif dalam penciptaan pasar dan lapangan pekerjaan. Pertumbuhan investasi skala kecil dan menengah di banyak daerah dapat memicu industrialisasi skala menengah yang selanjutnya akan mendorong konsumsi masyarakat.

Sebuah catatan yang perlu menjadi perhatian bahwa di Indonesia, jumlah wirausaha masih di bawah 4% dari jumlah penduduk, jauh di bawah negara-negara dengan jumlah penduduk besar, seperti China dan India, yang rasio jumlah wirausaha terhadap jumlah penduduk mencapai 11-12%.

Upaya penguatan ekonomi domestik adalah kunci bertahan di tengah gejolak ekonomi eksternal. Oleh sebab itu, pemerintah perlu terus berupaya mendorong sektor riil mengingat peluang Indonesia sangat besar karena ditopang bonus demografi.

Selain itu, untuk menghasilkan dampak yang lebih masif, pemerintah juga perlu mendorong adanya sinergitas kebijakan antara pusat dan daerah yang bertujuan menjaga daya beli dan pertumbuhan konsumsi masyarakat melalui berbagai kebijakan yang mendorong geliat pertumbuhan UMKM. Semoga.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)