Subsidi BBM dan Moralitas Kita

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 09:14 WIB
loading...
A A A
Moralitas
Ketidaktepatan sasaran subsidi BBM dan kompensasi energi selama ini juga menunjukkan ada sesuatu yang salah dalam moralitas kita dalam berbangsa dan bernegara. Mengapa? Karena, tidak sedikit dari kita selama ini terlanjur ikut menikmati itu, padahal memiliki kemampuan ekonomi sangat baik. Ini adalah bentuk lain dari sebuah tindakan korupsi, mengambil sesuatu yang bukan hak.

Untuk itu, kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi kali ini harus juga dijadikan sebagai sebuah momentum untuk memberikan seruan moral secara lebih lantang mengenai keharusan siapa yang berhak menikmati BBM bersubsidi.

Seruan moral ini tentu saja tidak bisa dilakukan seorang diri dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga harus dilakukan oleh akademisi, kaum intelektual, dan juga para ekonom. Kolaborasi bersama ini memiliki sebuah tujuan mulia berupa perbaikan moralitas berbangsa dan bernegara kita.

Seiring hal itu, pemerintah juga memiliki pekerjaan rumah besar untuk segera direalisasikan, yaitu memastikan tata kelola penyaluran BBM bersubsidi jauh lebih baik. Selama tata kelola penyaluran BBM bersubsidi tidak berjalan baik, maka selama itu juga penggunaan BBM bersubsidi tidak tepat sasaran sehingga mengakibatkan APBN terus menerus memikul beban subsidi.

(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)