Menebak Pendukung Duet Anies-AHY di Pilpres 2024

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 20:12 WIB
loading...
Menebak Pendukung Duet Anies-AHY di Pilpres 2024
Anies Baswedan menyambangi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum menentukan siapa yang akan menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya di Pilpres 2024 . Anies telah dideklarasikan Partai Nasdem sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Anies pun telah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat, Jakarta. Lalu, jika Anies-AHY menjadi pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024, siapa pendukungnya?

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno memprediksi mereka yang anti terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) akan mendukung duet Anies-AHY. Demokrat merupakan salah satu partai politik yang berada di luar pemerintahan Jokowi.





"Kita enggak nyebut di luar pemerintah minus yah, ya mereka ini hanya mewakili kubu non pemerintah aja," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (7/10/2022).

Adi pun menilai AHY cocok menjadi tandem Anies di Pilpres 2024. Adi pun membeberkan plus dan minus duet Anies-AHY.

"Ya itu bisa jadi keuntungan dan kelebihan. Kelompok anti pemerintah bisa dukung mereka. Bisa jadi minus adalah kubu pro pemerintah enggak mau dukung," kata Adi.

Menurut Adi, hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi para barisan sakit hati untuk mendukung Anies-AHY. "Plusnya karena mereka adalah kubu pasti mewakili orang-orang yang anti sama pemerintah," katanya.

Namun, dia menilai hal tersebut harus diuji. Adi mengaku tak mengetahui mana kubu pendukung pemerintah Jokowi dan mana yang non pemerintah.

"Ya itu harus diuji nanti, karena kita enggak tahu kan siapa yang pro pemerintah, siapa yang anti pemerintah," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3091 seconds (0.1#10.140)