Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi Dibandingkan Negara G20

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:42 WIB
loading...
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi Dibandingkan Negara G20
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini menjadi yang tertinggi di antara negara-negara G20. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia terus menunjukkan tren bagus usai dihantam pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menegaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini menjadi yang tertinggi di antara negara-negara G20. Ini tak lepas dari kinerja apik perekonomian nasional.

Deputi Bidang Ekonomi Kepemimpinan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Amilia Adininggar Widyasanti mengatakan, Indonesia masuk pada pemulihan ekonomi jika dibandingkan negara anggota G20 lain.

"Kalau kita bandingkan dengan negara-negara G20 lainnya, Indonesia termasuk pada perekonomian yang sudah pulih. Artinya, yang sudah pulih adalah level Produk Domestik Bruto riil (PDB) nya itu sudah kembali pada level sebelum krisis. Dan ini hanya dialami sebagian dari anggota negara G20," kata Amalia secara virtual webinar bertema "Konflik Negara Adidaya dan Disrupsi Ekonomi Global: Strategi Indonesia" dikutip, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Optimistis, Jokowi Ramal Pertumbuhan Ekonomi Capai 6% di Kuartal III/2022

Menurut Amalia, perekonomian Indonesia masih jauh lebih baik dari negara maju lainnya, misalnya dibandingkan Meksiko, Amerika Serikat, Perancis, Italia, dan bahkan Singapura dan Malaysia. Ekonomi Indonesia relatif jauh lebih kuat. Meskipun masih di bawah Vietnam, yang ekonominya tumbuh 7,7%.

"Sementara sebagian anggota G20 lainnya belum masuk pada tahap pemulihan. Kalau membandingkan Indonesia pada 2021 dan dibandingkan 2019 sebelum krisis, kita sudah ada di atas level PDB riil sebelum krisis," ujar Amalia.

Baca juga: Atasi Pandemi Covid-19, Jokowi Berhasil Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia disebabkan membaiknya mobilitas masyarakat dan tingginya harga komoditas. Hal itu menurut Piter tak lepas dari kinerja yang baik dari pemerintah dan lembaga otoritas lainnya yaitu Bank Indonesia dan OJK.

"Terlepas adanya good luck karena kenaikan harga komoditas, tetapi perekonomian indonesia yang bertahan ditengah pandemi sehingga mampu pulih cepat ketika pandemi mereda tidak bisa dipungkiri adalah disebabkan oleh tepatnya kebijakan yang diambil selama masa pandemi," ujar Piter.

Pakar Ekonomi dari IAIN Ambon M. Hanafi Holle mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami peningkatan dan tertinggi dari negara-negara anggota G20 karena adanya normalisasi aktivitas ekonomi Indonesia dari yang tadinya sempat anjlok akibat Covid-19.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1820 seconds (11.252#12.26)