Arti dan Sejarah Simbol Palu Arit dalam Lambang Komunis

Kamis, 29 September 2022 - 19:40 WIB
loading...
A A A
Dikutip dari laman Russia Beyond, simbol palu arit yang ada di lambang Uni Soviet merupakan hasil desain seorang seniman bernama Yevgeny Kamzolkin.

Ada yang mengartikan palu dan arit ini dikaitkan dengan simbol masonik dari palu dan pahat. Kedua benda tersebut menunjukan tujuan yang jelas (pahat) serta manifestasi tegas (palu).

Baca juga : Waspada Komunis Itu Positif dan Harus!

Kemudian, dalam simbolisasi agama, palu dikaitkan dengan kekuatan laki-laki yang agresif serta fisik yang mematikan. Sedangkan sabit atau arit juga bisa dimaknai sebagai perlambang kematian.

Cukup banyak partai komunis di penjuru dunia yang masih menggunakan simbol palu arit sebagai lambangnya. Sebagai contoh, di Rusia palu dan arit terdapat dalam bendera penerus Partai Komunis Uni Soviet, yakni Communist Party of the Russian Federation (CPRF) dan saingannya Communists of Russia Communist Party (CRCP).

Kemudian, simbol palu arit juga masih digunakan oleh partai yang berada di bekas wilayah Uni Soviet seperti Partai Rakyat Komunis Kazakhstan, hingga Partai Komunis Kirgistan.

Selain itu, lambang palu arit ini juga ditemui pada simbol Partai Komunis China dan berwarna kuning yang dimaknai kejelasan dan kesempurnaan ideologi sosialis.
(bim)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2142 seconds (10.177#12.26)