Arti dan Sejarah Simbol Palu Arit dalam Lambang Komunis

Kamis, 29 September 2022 - 19:40 WIB
loading...
Arti dan Sejarah Simbol Palu Arit dalam Lambang Komunis
Lambang palu arit cukup lekat kaitannya dengan paham komunis. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Lambang palu arit cukup lekat kaitannya dengan paham komunis . Dalam pengertiannya, komunis ini bisa disebut sebagai sebuah ideologi yang mengusung sistem kepemilikan bersama tanpa memandang kelas atau status.

Adapun ideologi ini dikembangkan oleh Karl Marx dan Friedrich Engels pada tahun 1800-an. Untuk tujuannya sendiri, Marx ini menghilangkan sistem ekonomi kapitalis yang dianggap tidak adil dalam memperlakukan kaum proletar, serta membuat para borjuis semakin berkuasa dan digdaya.

Baca juga : Mengenal Komunis Serta Sistem Ekonominya

Lantas, bagaimanakah arti dan sejarah dari lambang palu arit yang sangat identik dengan paham komunis?

Dikutip dari laman The Guardian, palu dan arit merupakan simbol komunisme, tetapi tidak ada pada zaman Karl Marx.

Dalam riwayatnya, secara bertahap lambang tersebut diadopsi setelah Revolusi Rusia sebelum akhirnya dijadikan simbol resmi Uni Soviet pada 1992.

Maknanya pun sangatlah sederhana. Palu mewakili pekerja industri, sedangkan arit atau sabit mewakili golongan kaum tani.

Pada perkembangannya, simbol ini menghiasi lambang Uni Soviet yang memang dikenal sebagai negara komunis.

Lebih lanjut, alasan pemilihan simbol palu arit oleh Uni Soviet juga memiliki berbagai versi. Salah satunya adalah palu dipilih karena asosiasi tradisionalnya dengan pekerja di negara-negara Eropa.

Bersamaan dengan alat pertanian, simbol tersebut juga menggambarkan slogan Lenin tentang persatuan proletariat dan petani.

Dikutip dari laman Russia Beyond, simbol palu arit yang ada di lambang Uni Soviet merupakan hasil desain seorang seniman bernama Yevgeny Kamzolkin.

Ada yang mengartikan palu dan arit ini dikaitkan dengan simbol masonik dari palu dan pahat. Kedua benda tersebut menunjukan tujuan yang jelas (pahat) serta manifestasi tegas (palu).

Baca juga : Waspada Komunis Itu Positif dan Harus!

Kemudian, dalam simbolisasi agama, palu dikaitkan dengan kekuatan laki-laki yang agresif serta fisik yang mematikan. Sedangkan sabit atau arit juga bisa dimaknai sebagai perlambang kematian.

Cukup banyak partai komunis di penjuru dunia yang masih menggunakan simbol palu arit sebagai lambangnya. Sebagai contoh, di Rusia palu dan arit terdapat dalam bendera penerus Partai Komunis Uni Soviet, yakni Communist Party of the Russian Federation (CPRF) dan saingannya Communists of Russia Communist Party (CRCP).

Kemudian, simbol palu arit juga masih digunakan oleh partai yang berada di bekas wilayah Uni Soviet seperti Partai Rakyat Komunis Kazakhstan, hingga Partai Komunis Kirgistan.

Selain itu, lambang palu arit ini juga ditemui pada simbol Partai Komunis China dan berwarna kuning yang dimaknai kejelasan dan kesempurnaan ideologi sosialis.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2647 seconds (11.252#12.26)