Dilepas Presiden Jokowi, Human Initiative Salurkan Bantuan untuk Pakistan

Rabu, 28 September 2022 - 05:36 WIB
loading...
Dilepas Presiden Jokowi, Human Initiative Salurkan Bantuan untuk Pakistan
HI, NGO yang mewakili Indonesia mengirimkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di Pakistan. Bantuan dikirim dari Bandara Halim Perdanakusuma. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Human Initiative (HI), NGO yang mewakili Indonesia mengirimkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di Pakistan . Bantuan dikirim dari Bandara Halim Perdanakusuma, menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Bantuan tersebut dilepas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir bersama sejumlah pejabat, Senin 26 September 2022.

Andjar menjelaskan, Bangsa Indonesia yang kerap menghadapi tantangan bencana alam sangat memahami kesulitan yang dihadapi masyarakat terdampak. Sehingga pemerintah Pakistan menyampaikan kebutuhan atas bantuan global untuk dapat segera menangani bencana yang dialaminya.

"Untuk itu, bantuan dari berbagai organisasi di Indonesia yang dititipkan bersama bantuan Pemerintah RI diharapkan dapat sampai pada pihak-pihak yang membutuhkan dan dapat bermanfaat secara optimal terhadap upaya pemerintah Pakistan dalam penanggulangan bencana banjir ini," tuturnya.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengirimkan dana bantuan sekitar USD1 Juta untuk masyarakat terdampak banjir di Pakistan. Selain itu, Pemerintah juga secara kolektif mengirimkan bantuan dari berbagai pihak termasuk NGO yang berada di Indonesia.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam menghadirkan barang-barang bantuan dari Indonesia serta kepada semua pihak yang menyampaikan kepada masyarakat terdampak yang membutuhkannya," ungkap Andjar.

Untuk diketahui, bantuan kemanusiaan rakyat Indonesia untuk Pakistan ini sendiri adalah wujud kolaborasi dari Gerakan Solidaritas Kedermawanan (GSK) bersama Kemenko PMK, BNPB, Indonesian Humanitarian Alliance (IHA), aliansi Humanitarian Forum Indonesia (HFI) dan Forum Zakat (FOZ).

Seluruh bantuan akan dikirim untuk masyarakat di wilayah Karachi, Pakistan yang terdampak banjir sejak akhir Agustus 2022.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)