Mengenal Berbagai Semboyan yang Dimiliki TNI Beserta dengan Artinya

Rabu, 21 September 2022 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Adapun Kartika Eka Paksi ini mengacu pada doktrin TNI Tri Dharma Eka Karma (Tridek) dan menjadi landasan TNI AD dalam merumuskan kebijakan. Lebih lanjut, semboyan ‘Kartika Eka Paksi’ ini memiliki arti burung gagah, perkasa tanpa tanding menjunjung cita-cita yang tinggi.

Merujuk pada arti tersebut, bisa dimaknai juga TNI AD yang kuat serta senantiasa menjungjung cita-cita tinggi, yakni keluhuran nusa dan bangsa, serta keprajuritan sejati.

Baca juga : Intip Gaji TNI AD dan Tunjangannya

3. Semboyan TNI AL

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, TNI AL memiliki sebuah semboyan Jalesveva Jayamahe. Adapun untuk maknanya sendiri adalah Justru di Lautan Kita Menang atau Kejayaan Kita Ada di Laut.

Melihat dari perannya, sesuai UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, tugas TNI Angkatan Laut (AL) adalah membangun kekuatan dan menjaga keamanan wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai ketentuan hukum nasional dan internasional.

4. Semboyan TNI AU

Semboyan yang dimiliki TNI AU adalah Swa Bhuwana Paksa. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, asal mula kata Swa Bhuwana Paksa ini berasal dari Prof. Dr. R. Ng. Purbotjaroko, seorang mahaguru ahli bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno.

Saat itu, dia memberikan dua saran pilihan, yaitu ‘Ring Angkasa Ring Angkasa Juga’ (Sekali di udara tetap di udara) dan ‘Swa Bhuwana Paksa’ (Sayap Tanah Air). Pada akhirnya yang dipilih adalah Swa Bhuwana Paksa untuk menggantikan motto sebelumnya, ‘Alae Patriae’.

Demikian ulasan mengenai semboyan-semboyan yang dimiliki TNI beserta dengan artinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)