Mengenal Berbagai Semboyan yang Dimiliki TNI Beserta dengan Artinya

Rabu, 21 September 2022 - 12:12 WIB
loading...
Mengenal Berbagai Semboyan yang Dimiliki TNI Beserta dengan Artinya
TNI atau Tentara Nasional Indonesia bertugas untuk menegakkan kedaulatan negara. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - TNI atau Tentara Nasional Indonesia bertugas untuk menegakkan kedaulatan negara , mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan masyarakat Indonesia dari gangguan atau ancaman yang muncul.

Seperti yang diketahui, TNI terdiri atas Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), serta Angkatan Udara (AU). Adapun setiap matra tersebut memiliki semboyan atau biasa dikenal dengan doktrin TNI.

Baca juga : Yuk Pahami 3 Jenis Pakaian Dinas Harian TNI AD serta Atributnya

Berikut berbagai semboyan yang dimiliki TNI beserta dengan artinya :

1. Semboyan TNI

Dikutip dari laman Sejarah TNI Mil, doktrin Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah Tri Dharma Eka Karma atau biasa disebut Tridek. Adapun semboyan tersebut disahkan dengan Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/45/VI/2010.

Lebih lanjut, hakikat doktrin Tri Dharma Eka Karma ini berasal dari bahasa sansekerta, Tri berarti tiga, darma berarti pengabdian, Eka berarti satu, serta karma yang berarti perjuangan.

Jadi, semboyan Tri Dharma Eka Karma ini bisa diartikan sebagai pengabdian tiga matra dalam satu jiwa, tekad, dan semangat perjuangan TNI. Selain itu, kedudukan semboyan ini juga menjadi doktrin induk yang menjadi acuan bagi doktrin Angkatan atau lainnya.

2. Semboyan TNI AD

Dikutip dari laman Manajemenhan Akmil, Doktrin Kartika Eka Paksi (KEP) merupakan doktrin tertinggi di lingkup TNI AD dan digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan perannya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1253 seconds (10.177#12.26)