Komnas HAM Sebut Pelaku Mutilasi Warga di Papua Orang Berpengalaman

Selasa, 20 September 2022 - 21:23 WIB
loading...
Komnas HAM Sebut Pelaku Mutilasi Warga di Papua Orang Berpengalaman
Anggota Komnas HAM Choirul Anam menyatakan pelaku pembunuhan dan mutilasi sejumlah warga Papua adalah orang berpengalaman. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komnas HAM menduga pelaku mutilasi terhadap warga sipil di Kabupaten Mimika, Papua yang terjadi beberapa waktu lalu dilakukan orang yang berpengalaman. Kesimpulan tersebut diambil setelah melihat konstruksi perkara bahwa pelaku pembunuhan disertai mutilasi tersebut dilakukan lebih dari satu orang pada saat bersamaan.

"Pilihan tindakan mutilasi, apalagi korbannya di saat yang sama lebih dari satu, itu biasanya menunjukkan karakter pelaku yang sudah punya pengalaman terhadap tindakan mutilasi sebelumnya," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, Selasa (20/9/2022).



Anam pun meminta agar semua pihak membuka jejak komunikasi pada handphone masing-masing pelaku. Dia menerangkan, pengalaman dugaan tindakan mutilasi yang dilakukan pelaku diperistiwa sebelumnya dapat dilakukan.

"Oleh karenanya memang kami mendorong dibukanya komunikasi HP, yang kedua memang didalami apakah memang ada potensi bahwa pelaku ini pernah melakukan tindakan yang sama di peristiwa yang berbeda," terangnya.
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1306 seconds (10.55#12.26)