Mengenal Tingkatan Komando di TNI dari Koramil hingga Kodam

Rabu, 14 September 2022 - 18:32 WIB
loading...
A A A
Kodim dipimpin oleh seorang Dandim (Komandan Kodim) yang memiliki pangkat Kolonel untuk Kodim tipe A dan Letnan Kolonel (Letkol) untuk Kodim tipe B.

Baca juga : TNI AD Distribusikan 353 Unit Kendaraan Dinas

3. Korem (Komando Resor Militer)

Korem berada di bawah Kodam dalam susunan struktur Organisasinya. Terdapat 35 Korem yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam menjalankan tugasnya Korem dipimpin oleh seorang Danrem (Komandan Korem) yang memiliki pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI.

Selain membawahi beberapa Kodim, Korem juga membawahi satuan pendukung seperti Polisi Mliter, Zeni Bangunan, Pembekalan dan Angkutan, Peralatan, Perhubungan, Kesehatan, dan lainnya.

4. Kodam (Komando Daerah Militer)

Komando ini merupakan yang utama dalam pelaksanaan pembinaan dan operasional kewilayahan TNI AD. Kodam di kepalai oleh Pangdam (Panglima Daerah) dengan pangkat Mayor Jenderal (Mayjen) TNI.

Dalam mejalankan tugasnya Kodam membawahi Korem dan langsung bertanggung jawab terhadap Kepala Staff TNI Angkatan Darat.

Tugas satuan ini sendiri ialah sebagai menyelenggarakan pembinaan kesiapan operasional atas segenap komandonya dan operasi pertahanan aktif di darat sesuai kebijakan Panglima TNI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)