HUT ke-59, Kolinlamil Bertekad Tingkatkan Pengabdian pada Bangsa-Negara

Rabu, 01 Juli 2020 - 21:46 WIB
loading...
HUT ke-59, Kolinlamil Bertekad Tingkatkan Pengabdian pada Bangsa-Negara
Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Abdul Rasyid mengecek kesiapan peserta upacara perayaan HUT ke-59 Kolinlamil, Rabu (1/7/2020). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Komando Lintas Laut Militer ( Kolinlamil ) hari ini genap berusia 59 tahun. Upacara parade militer digelar dengan sederhana tapi penuh khidmat untuk memperingati HUT Kolinlamil di Lapangan M Silam, Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Rabu (1/7/2020).

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Abdul Rasyid, adapun Komandan Upacara dipercayakan kepada Komandan KRI Tanjung Kambani 971 Letkol Laut (P) Masrurun.

Mengingat situasi masih pandemi COVID-19, yang mengharuskan mengikuti protokol kesehatan, maka perayaan HUT ke-59 Kolinlamil tanpa menampilkan berbagai atraksi yang biasanya menjadi trade mark di tahun-tahun sebelumya.( )

Rangkaian upacara ditutup dengan defile pasukan prajurit Kolinlamil, seperti kompi pasukan perwira gabungan perwira menengah dan perwira pertama, kompi Bintara, kompi Tamtama, dan PNS. Peserta defilen dengan langkah tegap melintasi mimbar memberi penghormatan kepada Inspektur Upacara Panglima Kolinlamil.

Laksda TNI Abdul Rasyid mengatakan, rangkaian kegiatan HUT ke-59 Kolinlamil menyesuaikan situasi pandemi COVID-19 yang membatasi aktivitas manusia. Kegiatan terfokus pada bakti sosial untuk nelayan dan masyarakat Muara Gembong April lalu, pembagian sembako gratis, bhakti sosial kesehatan, donor darah, fogging dan kegiatan budidaya tanaman dan perikanan dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

"Peringatan hari ulang tahun ke-59 Kolinlamil ini merupakan ungkapan rasa syukur, serta momentum yang tepat untuk introspeksi dan evaluasi diri guna meningkatkan kinerja dalam pengabdian kepada TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara. Oleh karena itu sangat tepat tema yang diangkat kali ini, yaitu 'Dengan Semangat Satya Wira Jala Dharma, Kolinlamil Siap Mewujudkan TNI AL Yang Profesional, Modern dan Tangguh'. Prajurit Kolinlamil harus menjadi prajurit/pejuang dan patriot yang memiliki kesetiaan dalam mengabdikan diri kepada negara dan bangsa," kata Panglima Kolinlamil.

Kemajuan Kolinlamil juga tidak luput dari kiprah dan dukungan organisasi para istri prajurit di bawah pimpinan Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny Nisa Abdul Rasyid. Dia berperan aktif dalam berbagai kegiatan dalam memberdayakan ibu-ibu Jalasenastri Kolinlamil untuk memberikan manfaat positif bagi keluarga besar Kolinlamil.(Baca Juga: 188 ABK Kapal World Dream Tiba di Kolinlamil Jakarta)

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 66 tahun 2019, Kolinlamil memiliki tugas pokok sebagai Kotama Operasional (Kotamaops) untuk menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI baik dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (0MP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta bantuan angkutan laut. Selain sebagai Kotama Operasi, Kolinlamil bertugas sebagai pembina tunggal Angkutan Laut TNI, membina kemampuan sistem Angkutan Laut Militer, membina potensi Angkutan Laut Nasional guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara di Iaut dan membina kesiapan operasional untuk melaksanakan angkutan laut TNl.

Dalam usaha menciptakan Angkutan Laut Nasional yang memiliki kesiapsiagaan sebagai kekuatan pengganda, maka dibutuhkan kesamaan persepsi antara Kolinlamil dan komponen Angkutan Laut Nasional untuk ikut dapat terlibat secara aktif dan langsung dalam usaha-usaha Pertahanan Negara. Pembinaan potensi Angkutan Laut Nasional dalam sistem Pertahanan Negara adalah pembinaan yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya personel.

Angkutan Laut Nasional yang disinergikan dengan kemampuan dan kekuatan Kolinlamil dalam mendukung tugas Angkutan Laut Minter pada kondisi Operasi Militer Perang (0MP) dan kondisi Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Potensi Angkutan Laut Nasional terdiri dari armada kapal pemarintah, armada kapal swasta dan kapal pelayaran rakyat beserta personel pengawaknya serta sarana dan prasarana yang meliputi; gedung, dermaga, fasilitas bongkar muat serta armada kapal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)