Diskursus Dalam Kebijakan Publik

Senin, 05 September 2022 - 09:41 WIB
loading...
A A A
Dari teori tersebut kita melihat, sangat penting pemerintah memahami seluruh aspek yang terjadi, siapa saja yang terdampak.Selain itu,akan terlihat bagaimanaperekonomian nasionalke depan yang diharapkanlebih sehat. Begitu juga dengan proses politik, juga akan dilakukan bersamaan aspek teknokratis yang mendasari perhitungan dampak kebijakan.

Adanya pro dan kontra pengurangan subsidi, adalah normal yang tentu sudah dipertimbangkan dalam proses pembuatan kebijakan. Pemerintah perlu memikirkan langkah antisipatif terhadap dampak negatif kenaikan harga BBM ini dengan menjaga daya beli masyarakat.

Skema subsidi BBM yang tepat sasaran juga perlu dipersiapkan agar benar-benar diterima oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Ini karena sebelumnya, subsidi BBM ditengarai lebih banyak dinikmati oleh kalangan menengah ke atas daripada masyarakat miskin.

Akan lebih baik apabila subsidi BBM dialihkan kepada belanja subsidi non-energi seperti subsidi pupuk dan UMKM sehingga mendorong produksi masyarakat. Kita berharap kenaikan harga BBM ini tidak berpengaruh negatif pada perekonomian nasional, tetapi justru membuat ekonomi makin tangguh dan menjadikan APBN kita kian sehat. Semoga.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3957 seconds (0.1#10.140)