6 Senjata Tradisional Padang, Nomor 3 Terinspirasi Kuku Harimau

Selasa, 30 Agustus 2022 - 20:11 WIB
loading...
6 Senjata Tradisional Padang, Nomor 3 Terinspirasi Kuku Harimau
Sedikitnya ada enam senjata tradisional dari Padang, Sumatra Barat yang bisa diketahui. Salah satunya kerambit. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam senjata tradisional dari Padang , Sumatra Barat yang bisa diketahui. Senjata tradisional merupakan salah satu elemen budaya yang ada di Indonesia.

Pada zaman dahulu, senjata merupakan alat perlindungan diri, berburu atau dipercaya memiliki kekuatan mistis serta dapat pula sebagai pelengkap pakaian adat. Karena itu setiap daerah di Indonesia memiliki senjata tradisional nya masing masing.

Baca juga : Warisan Budaya, Mainan Tradisional Harus Dilestarikan

Suku Minangkabau yang tersebar di provinsi Sumatra Barat dan mengisi kota Padang ini juga termasuk suku yang memiliki beberapa senjata tradisional.

Berikut enam senjata tradisional asal kota Padang seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Klewang Padang

Bentuk dari klewang padang ini berupa parang satu sisi seperti samurai yang punya tumpuan berat di tengahnya.

Diketahui senjata tradisional ini sempat digunakan untuk pasukan perang Padri abad ke-19. Saat ini klewang sering digunakan untuk kegiatan pertanian.

2. Ruduih

Bentuk dari senjata ini hampir menyerupai klewang padang namun lebih cembung ke dalam. Ruduih kerap digunakan sebagai senjata perang dan berburu.

Salah satu perang yang tercatat menggunakan senjata ini adalah perang manggopoh sebelum tahun 1908 melawan pasukan kolonial.

3. Kerambit

Senjata ini mungkin yang paling populer. Pisau yang melengkung ini meskipun kecil namun sangat berbahaya untuk merusak tubuh lawan.

Populernya senjata tradisional ini karena telah disebarkan oleh para perantau ke berbagai daerah. Bentuknya yang unik membuatnya mudah dikenali. Dikatakan bahwa senjata ini terinspirasi dari kuku harimau yang kala itu masih tersebar banyak di Sumatra.

Saat ini kerambit lebih sering digunakan sebagai alat pertanian seperti pembersih akar atau mengumpulkan batang padi.

4. Sumpitan

Jika sedari tadi merupakan senjata jarak dekat maka yang ini adalah senjata jarak jauh orang Padang. Jangkauan senjata ini sekitar 200 meter dan sering digunakan untuk berburu hewan.

Meskipun sekarang sudah ada senapan yang lebih canggih namun masyarakat Minang masih melestarikan senjata tradisional ini karena tidak merusak alam dalam melakukan perburuan.

Baca juga : Sejarah Senjata di Zaman Manusia Purba

5. Piarik

Piarik merupakan senjata khas masyarakat minang yang memiliki bentuk seperti trisula dengan tiga mata tajam. Senjata ini merupakan pusaka milik Dewa Siwa dalam ajaran Hindu. Masyarakat Minang sering menggunakan senjata ini untuk berburu.

6. Karih

Bisa dibilang senjata tradisional ini merupakan keris versi orang Padang. Ciri khas dari senjata ini adalah terdapat ukiran indah di bagian sarungnya.

Biasanya karih dimiliki oleh para tokoh masyarakat atau pemuka agama setempat. Selain itu senjata ini juga merupakan aksesoris untuk pakaian adat pernikahan mempelai pria di budaya minang.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2302 seconds (0.1#10.140)