Ruang Tumbuh Pendidikan

Kamis, 25 Agustus 2022 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Hal yang problematis, jika sekolah kemudian dituntut terlalu dominan untuk mengikuti laju dunia kerja. Atau anak-anak dipaksa untuk melakukan berbagai aktivitas yang dalam porsi tertentu membawa tekanan mental bagi mereka. Misal, ruang bermain anak semakin terbatasi. Atau anak-anak lebih seru menghabiskan waktu luang menatap layar. Ruang sosialisasi mengenal teman-teman dan lingkungan semakin terbatas.

Di sisi lain kasus perundungan, pelecehan seksual, kekerasan masih menghantui dunia pendidikan di Indonesia. Belum lagi ada ketimpangan akses, teknologi, tenaga pendidik, dan infrastruktur pendidikan lainnya.

Meski sudah pasti tidak bisa menghindari betapa kompetitifnya dunia kerja hari ini. Situasi semakin rumit karena terbatasnya lapangan kerja. Ditambah, dalam banyak hal apa yang dikerjakan juga tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.

Dengan ragam tuntutan keterampilan yang dibutuhkan, menjadi penting untuk menyediakan ruang tumbuh pendidikan yang tidak semata mengakomodasi anak-anak untuk terampil dan berpengetahuan, tetapi menjadi sosok mengenali diri, keinginan, dan orientasi di masa yang akan datang.

Baca Juga: koran-sindo.com





(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)