DPR Ingatkan Penindakan Aksi Kriminal Harus Sesuai SOP Polri

Senin, 27 April 2020 - 11:25 WIB
loading...
DPR Ingatkan Penindakan Aksi Kriminal Harus Sesuai SOP Polri
Komisi III DPR mendukung penuh Polri yang menindak tegas aksi kriminal yang membahayakan keselamatan harta dan jiwa masyarakat di tengah pandemi virus Corona. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi III DPR mendukung penuh Polri yang menindak tegas aksi kriminal yang membahayakan keselamatan harta dan jiwa masyarakat di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) ini.

Namun, Komisi Hukum dan HAM DPR juga mengingatkan agar penindakan tersebut harus sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) di Polri.

"Saya mendukung penuh dan memastikan akan melakukan politik afirmatif kepada institusi Polri di dalam mengambil tindakan tegas terhadap pelaku kejahatan yang sangat meresahkan dan membahayakan keselamatan harta, benda bahkan jiwa warga masyarakat," kata Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan, Senin (27/4/2020).

"Jangan segan dan jangan takut, kita akan backup penuh terlebih dilakukan pada saat keadaan Kedaruratan Kesehatan saat ini. Jangan sampai ada ruang maupun justifikasi kepada pelaku kejahatan dengan mengatasnamakan apapun. Walau demikian tindakan tegas dan terukur yang diambil petugas kepolisian haruslah sesuai dengan prosedur operasional standar (SOP) yang telah ditetapkan dan berlaku," tambah Juru Bicara (Jubir) Komisi III DPR itu.

(Baca juga: Diduga Terpapar Radikalisme di Lapas, Densus 88 Tangkap Terduga Teroris)

Arteria mengajak semua pihak, untuk memiliki satu pemahaman bahwa tidak boleh ada justifikasi apapun bagi pelaku kejahatan termasuk dengan alasan tidak memiliki penghasilan dan kelaparan. Saat ini negara telah hadir di tengah masyarakat dengan memberikan jaring pengaman sosial melalui berbagai skema bantuan langsung.

"Saatnya kita semua bersatu padu dan solid bergerak didalam menghadapi musibah pandemik covid-19 ini. Bukan sebaliknya menjadikan alasan musibah ini untuk menjadi justifikasi dilakukannya perbuatan kriminal dan melawan hukum," tegas politikus PDIP itu

Menurut mantan pengacara ini, dalam situasi sulit seperti ini, Polri harus menjadi garda terdepan di dalam melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia di sektor keamanan. Lakukan dengan maksimal, rasa hormat dan juga sesuai dengan SOP.

"Lakukanlah sehebat-hebatnya, sekuat-kuatnya dan sehormat-hormatnya. Tindak tegas, tentunya sesuai dengan SOP," pintanya.

Selain itu, Arteria mengapresiasi pembentukan tim-tim khusus untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan pada saat bulan Ramadhan sebagai bentuk kesiapsiagaan Polri.

Dia pun mendukung penuh Polri untuk menindak tegas pelaku kejahatan yang membahayakan jiwa masyarakat, kalau perlu tembak ditempat bagi pelaku begal, perampokan dan penjarahan yang membahayakan jiwa masyarakat maupun petugas yang sedang bertugas.

"Pemerintah bersama rakyat secara bersama-sama sedang fokus menghadapi pandemi Covid-19, jangan berikan ruang bagai mereka yang mencoba bermain di air keruh dengan memanfaatkaan situasi sulit ini untuk melakukan perbuatan kriminal," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)