Diplomasi Rokok Kretek Agus Salim Taklukkan Pangeran Philip

Kamis, 18 Agustus 2022 - 19:02 WIB
loading...
Diplomasi Rokok Kretek Agus Salim Taklukkan Pangeran Philip
Haji Agus Salim digambarkan sebagai sosok yang tak henti dalam mengabdi untuk kemajuan bangsa Indonesia. Foto DOK Direktoratk2krs.kemsos
A A A
JAKARTA - Haji Agus Salim digambarkan sebagai sosok yang tak henti dalam mengabdi untuk kemajuan bangsa Indonesia. Meskipun sudah tak muda lagi, dia masih terus aktif sebagai penasihat Menteri Luar Negeri.

Pria berjuluk The Grand Old Man ini telah banyak memiliki peran penting selama masa perjuangan diplomasi dalam kemajuan hubungan luar negeri Indonesia selama menjabat sebagai Menteri Luar Negeri.

Baca juga : 9 Pejuang Kemerdekaan Terbesar, dari Soekarno hingga William Wallace

Namanya juga telah banyak dikenal oleh tokoh-tokoh dunia berkat peran aktifnya di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu tokoh dunia yang memiliki kisah dengan pria kelahiran 8 Oktober 1884 ini adalah Pangeran Philip yang merupakan suami dari Ratu Elizabeth II.

Dari beberapa sumber mengatakan bahwa pertemuan keduanya terjadi ketika acara penobatan Ratu Elizabeth yang naik tahta menggantikan Ayahnya, Raja George VI yang meninggal pada 4 Juni 1953.

Haji Agus Salim dan Sri Paku Alam IX diutus untuk menghadiri acara penobatan tersebut yang dilaksanakan pada 2 Juni 1953 di Westminster Abbey, London. Acara tersebut banyak mengundang bangsawan serta para pemimpin dunia terutama yang berada di Eropa.

Dalam acara tersebut, Agus Salim dengan percaya diri menghisap rokok kretek. Memang bukan hanya dia yang mengisap rokok saat itu namun aroma rokok dialah yang paling menyengat.

Aroma rokok ini mendapat banyak perhatian dari para tamu undangan karena banyak yang belum akrab dengan baunya. Pangeran Philip yang mencium aroma tersebut sempat menanyakan pada tamu undangan darimana asal dari bau yang menyengat tersebut.

Dengan rasa percaya diri Agus Salim menghampiri pangeran berjuluk Duke of Edinburgh serayam menjawab "Yang Mulia bau yang menyengat itu berasal dari rokok kretek saya, yang dibuat dari tembakau dan cengkeh".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)