Anak ke Orang Tua: Jaga Rasa Hormat dalam Keluarga

Kamis, 11 Agustus 2022 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Pada surah ini, Allah menghadirkan dua macam perintah yaitu perintah berupa larangan berbuat syirik dan perintah untuk berbakti kepada orang tua. Jelas, perintah ini mendudukkan hormat dan patuh kepada orang tua menjadi sesuatu yang sangat penting didalam Islam.

Karena sebagaimana kita tahu, “syirik’ adalah larangan terbesar di dalam Islam. Dengan menyandingkan perintah hormat dan taat kepada orang tua dengan disandingkan dengan larangan berbuat syirik, Allah mengisyaratkan bahwa perintah untuk hormat dan berbakti kepada orang tua menempati salah satu diantara urutan perintah teratas didalam Islam.

Lebih lanjut, QS Al Isra/17: 23 diatas menjelaskan secara rinci, lima indikator utama dalam perilaku hormat dan taat kepada orang tua. Lima indikator utama tersebut adalah tidak mengatakan perkataan uffin atau bisa kita terjemahkan dengan setingkat perkataan keluh kesah berupa “ah” , tidak membentak dengan kata-kata yang kasar, bertutur kata yang sopan, bersikap tawadhu dan mendoakan orang tua baik masih hidup maupun sudah meninggal dunia.

Dalam sebuah Hadis riwayat Imam Baihaqi, Rasulullah memberikan penjelasan lagi salah satu indikator hormat dan taat kepada orang tua. Dalam Hadis tersebut Rasulullah SAW bersabda yang artinya kurang lebih: “Ridha Allah terletak ridha orang tua dan murka Allah SWT terletak pada kemurkaan orang tua.” (HR. Baihaqi).

Hadis riwayat Imam Baihaqi ini menjelaskan kepada kita bahwa salah satu indikator utama dalam hormat dan taat kepada orang tua adalah bahwa dalam setiap kegiatan, terutama hal-hal yang dianggap penting seperti hendak bepergian, hendak berdagang, hendak menuntut ilmu, menentukan dan memilih pasangan atau hendak melakukan perjalanan usaha dan lain-lain sebagainya, restu dan ridho orang tua harus menjadi pedoman utama.

Lunturnya Perilaku Hormat dan Taat Kepada Orang Tua

Dari uraian diatas, sebagai umat manusia, umat Islam dan sebagai bangsa Indonesia, sudah seyogyanya perilaku hormat, taat dan berbakti kepada kedua orang tua menjadi identitas utama kita.

Sayangnya, perilaku hormat, taat dan berbakti kepada kedua orang tua yang sudah menjadi kesepakatan semua peradaban dan menjadi identitas utama bangsa kita ini hari demi hari kian merosot.

Tidak sedikit kita temui di media sosial, seorang anak hanya karena hal sepele misalnya tidak dipenuhinya keinginannya oleh orang tua kemudian berani menghardik orang tua bahkan sampai pada kekerasan fisik.

Tidak sedikit pula kita temukan dalam kehidupan kita seorang anak yang dengan mudahnya membentak orang tua hanya karena orang tuanya memutuskan bertindak melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya. Tidak sedikit pula kita temukan dalam kehidupan kita yang bahkan seorang anak rela memidanakan orang tuanya hanya karena perebutan harta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)