5 Kasus Besar yang Pernah Ditangani Irjen Ferdy Sambo, Dari Kopi Sianida hingga Bom Sarinah

Rabu, 10 Agustus 2022 - 18:22 WIB
loading...
A A A
3. Menangkap Djoko Tjandra

Kasus besar berikutnya yang pernah ditangani Ferdy Sambo adalah penangkapan buronan Djoko Tjandra pada 2020 lalu. Saat itu, Sambo menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri dengan pangkat Brigjen Polisi.

Seperti yang diketahui, Djoko Tjandra merupakan buron kelas atas yang terlibat kasus hak tagih (cassie) Bank Bali. Penangkapan ini sukses dilakukan berkat kerja sama antara Polri dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

Baca juga : Ini Alasan Kapolri Copot Irjen Ferdy Sambo

4. Kasus Perdagangan Manusia (Jaringan Timur Tengah)

Saat menjabat Wadirtipidum Bareskrim Polri, Ferdy Sambo pernah terlibat dalam pengusutan kasus perdagangan manusia jaringan Timur Tengah. Saat penyelidikan, para tersangka diketahui memiliki jaringan di beberapa negara, seperti Suriah, Turki, Maroko, hingga Arab Saudi.

Tragisnya, masing-masing jaringan tersebut diketahui telah merekrut ratusan korban untuk diperdagangkan. Sebagai contoh, tersangka jaringan Maroko mengklaim telah merekrut sekitar 500 orang.

5. Kasus Kebakaran Kejaksaan Agung

Pada tahun 2020, terjadi kebakaran besar di Kejaksaan Agung. Awalnya, kejadian ini memunculkan berbagai spekulasi dari masyarakat. Bahkan, ada yang menyebut kejadian tersebut sengaja dilakukan.

Dalam penyidikan yang berlangsung, Ferdy Sambo turut mengusut kasus kebakaran ini. Menurutnya, kebakaran Kejagung disebabkan oleh api dari puntung rokok. Selain itu, dia juga menegaskan bahwa temuan ini valid karena sudah berkoordinasi terlebih dahulu dengan para ahli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)