5 Kasus Besar yang Pernah Ditangani Irjen Ferdy Sambo, Dari Kopi Sianida hingga Bom Sarinah

Rabu, 10 Agustus 2022 - 18:22 WIB
loading...
5 Kasus Besar yang Pernah Ditangani Irjen Ferdy Sambo, Dari Kopi Sianida hingga Bom Sarinah
Sedikitnya ada lima kasus besar yang pernah ditangani Irjen Ferdy Sambo sepanjang riwayat kariernya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima kasus besar yang pernah ditangani Irjen Ferdy Sambo sepanjang riwayat kariernya. Seperti yang diketahui, kasus silang tembak di kediaman Ferdy Sambo sudah memasuki babak baru.

Perlahan, mulai terkuak berbagai hal cukup menggemparkan publik. Atas kejadian ini, Ferdy Sambo pun harus merelakan jabatannya sebagai Kadiv Propam Polri , setelah sebelumnya dimutasi menjadi Pati Yanma Polri.

Baca juga : BREAKING NEWS: Ferdy Sambo Tersangka

Dalam sepak terjangnya di kepolisian, Irjen Ferdy Sambo pernah beberapa kali menangani kasus-kasus besar di Indonesia. Berikut lima kasur besar yang pernah ditangani Ferdy Sambo seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Kasus Kopi Sianida Jessica

Kasus Kopi Sianida ini kala itu sempat menggemparkan publik. Saat itu, Wayan Mirna Salihin diketahui meninggal dunia setelah meminum kopi yang dicampur racun sianida. Peristiwa ini terjadi pada 6 Januari 2016.

Setelah menjalani serangkain penyelidikan, akhirnya Jessica Wongso ditetapkan sebagai tersangka. Dalam kasus Kopi Sianida ini, Ferdy Sambo turut menjadi bagian dari tim penyelidikan. Saat itu dia masih berpangkat AKBP dan menjabat Wadirkrimum Polda Metro Jaya.

2. Kasus Bom Sarinah

Pada 14 Januari 2016, terjadi peristiwa bom bunuh diri di kawasan jalan MH Thamrin-Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Tragedi ini dikenal sebagai Bom Sarinah. Setelah dilakukan penyelidikan, otak dibalik kasus ini adalah Aman Abdurrahman, tokoh Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Dia juga disinyalir memiliki hubungan dengan ISIS.

Pada kasus ini, AKBP Ferdy Sambo turut terlibat dalam pengusutan kejadian ini. Hanya saja, kala itu dia masih kalah populer oleh Krishna Murti yang menjadi atasannya.

3. Menangkap Djoko Tjandra

Kasus besar berikutnya yang pernah ditangani Ferdy Sambo adalah penangkapan buronan Djoko Tjandra pada 2020 lalu. Saat itu, Sambo menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri dengan pangkat Brigjen Polisi.

Seperti yang diketahui, Djoko Tjandra merupakan buron kelas atas yang terlibat kasus hak tagih (cassie) Bank Bali. Penangkapan ini sukses dilakukan berkat kerja sama antara Polri dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

Baca juga : Ini Alasan Kapolri Copot Irjen Ferdy Sambo

4. Kasus Perdagangan Manusia (Jaringan Timur Tengah)

Saat menjabat Wadirtipidum Bareskrim Polri, Ferdy Sambo pernah terlibat dalam pengusutan kasus perdagangan manusia jaringan Timur Tengah. Saat penyelidikan, para tersangka diketahui memiliki jaringan di beberapa negara, seperti Suriah, Turki, Maroko, hingga Arab Saudi.

Tragisnya, masing-masing jaringan tersebut diketahui telah merekrut ratusan korban untuk diperdagangkan. Sebagai contoh, tersangka jaringan Maroko mengklaim telah merekrut sekitar 500 orang.

5. Kasus Kebakaran Kejaksaan Agung

Pada tahun 2020, terjadi kebakaran besar di Kejaksaan Agung. Awalnya, kejadian ini memunculkan berbagai spekulasi dari masyarakat. Bahkan, ada yang menyebut kejadian tersebut sengaja dilakukan.

Dalam penyidikan yang berlangsung, Ferdy Sambo turut mengusut kasus kebakaran ini. Menurutnya, kebakaran Kejagung disebabkan oleh api dari puntung rokok. Selain itu, dia juga menegaskan bahwa temuan ini valid karena sudah berkoordinasi terlebih dahulu dengan para ahli.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)