7 Pahlawan Muslimah Indonesia, Dari Lawan Penjajah Hingga Kesetaraan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:36 WIB
loading...
A A A
Hari tersebut sesuai dengan tanggal lahirnya yaitu 21 April tahun 1879. Pahlawan asal Jepara ini terkenal dalam memperjuangkan emansipasi wanita kala itu.

Banyak terjadinya ketimpangan sosial kala itu membuat jiwa kepahlawanannya bangkit dan membawa perempuan supaya bisa mendapat hak yang sama seperti laki-laki.

Baca juga : Teladani Sikap Pahlawan untuk Jadi Pahlawan Masa Depan

6. Syekhah Hajjah Rangkayo Rahmah El Yunusiyah

Mungkin banyak yang belum mengenal sosok pahlawan muslimah satu ini. Wanita yang lahir pada 1900 ini merupakan seorang reformator pendidikan yang mempertahankan Sekolah Diniyah Putri di Padang Panjang.

Dia juga sempat mendapat sanjungan dari salah satu petinggi Universitas Al-Azhar Mesir datang ke Padang. Petinggi ini kagum akan sekolah yang dibuat oleh Syekhah Rahmah.

Universitas Al-Azhar akhirnya membuka Kulliyatul Lil Banat—fakultas khusus untuk perempuan yang direalisasikan pada 1962, dan Syekhah Rahmah diberikan gelar kehormatan "Syekhah" oleh Universitas Al-Azhar.

7. Sultanah Safiatuddin

Kembali datang dari daratan Aceh, Sultanah Safiatuddin merupakan wanita pertama di Kesultanan Aceh Darussalam. Wanita kelahiran 1612 itu diangkat setelah suaminya Sultan Iskandar Tsani wafat pada 1641 M .

Pada masa kepemimpinan awalnya banyak yang menentang terkait kepemimpinan tidak boleh dipegang oleh seorang wanita. Namun hal tersebut di jawab dengan hasil kerjanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0882 seconds (0.1#10.140)