7 Pahlawan Muslimah Indonesia, Dari Lawan Penjajah Hingga Kesetaraan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:36 WIB
loading...
7 Pahlawan Muslimah Indonesia, Dari Lawan Penjajah Hingga Kesetaraan
Sedikitnya ada tujuh pahlawan muslimah Indonesia yang bisa diketahui dalam sejarahnya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh pahlawan muslimah Indonesia yang bisa diketahui dalam sejarahnya. Para pahlawan tersebut memberikan kontribusinya terhadap kemerdekaan Indonesia baik dalam melawan penjajah atau mendukung kesetaraan.

Pahlawan muslimah tersebut ikut mempertaruhkan jiwa raganya demi terciptanya Indonesia yang merdeka, damai dan adil.

Baca juga : Teladani Sikap Pahlawan untuk Jadi Pahlawan Masa Depan

Berikut tujuh pahlawan muslimah Indonesia seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Cut Nyak Dhien

Wanita kelahiran tahun 1848 ini merupakan pahlawan asal Aceh yang merupakan Istri dari Teuku Umar. Pasangan suami istri ini ikut memperjuangkan tanah Aceh dari genggaman para kolonial Belanda.

Ikutnya Cut Nyak Dhien dalam perang ini berpengaruh dalam meningkatkan moral para pejuang bangsa dibantu dengan taktik cerdik dari Teuku Umar. Sampai pada akhirnya sang suami gugur di medan pertempuran.

Meskipun begitu Pahlawan wanita ini masih tetap ikut bertempur selama enam tahun dan bergerilya dari satu tempat ke tempat lain. Atas perjuangannya ini, pada 2 Mei 1962 Presiden Soekarno melalui SK Presiden RI Nomor 106 tahun 1964, menetapkan Cut Nyak Dien sebagai pahlawan nasional.

2. Siti Walidah

Wanita kelahiran 1872 yang lebih dikenal dengan Nyai Ahmad Dahlan ini memang tak ikut perang seperti Cut Nyak Dhien. Namun perannya dalam memajukan pendidikan teruntuk kaum perempuan ini adalah hasil dari perjuangannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)