Profil Letkol Inf Paulus Pandjaitan, Putra Luhut yang Jadi Aspenmil di Amerika Serikat

Rabu, 03 Agustus 2022 - 05:24 WIB
loading...
Profil Letkol Inf Paulus Pandjaitan, Putra Luhut yang Jadi Aspenmil di Amerika Serikat
Letkol Inf Paulus Pandjaitan saat acara serah terima jabatan (sertijab). Foto: Instagram Penerangan Kopassus
A A A
JAKARTA - Potret dan profil Letkol Inf Paulus Pandjaitan, putra Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan diulas dalam artikel ini. Paulus Pandjaitan telah menyerahkan tongkat kepemimpinan Batalyon 32 Grup 3 Kopassus kepada Mayor Inf Doni Fransisco.

Adapun serah terima jabatan (sertijab) itu berlangsung di Lapangan Alfred Tarega Grup 3 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022). Paulus Pandjaitan selanjutnya menjabat sebagai Asisten Penasehat Militer Perwakilan Tetap Republik Indonesia (Aspenmil PT RI) di Amerika Serikat.

Paulus adalah putra ketiga dari empat bersaudara pasangan Luhut Binsar Pandjaitan - Devi Simatupang. Kakak sulung Paulus, Paulina Uli Pandjaitan merupakan istri dari Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang kini menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Profil Letkol Inf Paulus Pandjaitan, Putra Luhut yang Jadi Aspenmil di Amerika Serikat

Letkol Inf Paulus Pandjaitan dan Mayor Inf Doni Fransisco saat acara serah terima jabatan (sertijab). Foto: Instagram Penerangan Kopassus



Kakak keduanya, David Pandjaitan. Sedangkan adiknya, Kerri Na Basaria Pandjaitan merupakan pendiri Toba Tenun yang fokus memperkenalkan sekaligus melestarikan tenun khas Batak, Ulos.

Paulus Pandjaitan, kelahiran 21 Mei 1980 ini menikah dengan Novella Frisca Silalahi pada 2013. Berdasarkan informasi yang dicantumkan dalam Facebooknya, Paulus Pandjaitan pernah belajar di Sekolah Pelita Harapan angkatan 1998.

Profil Letkol Inf Paulus Pandjaitan, Putra Luhut yang Jadi Aspenmil di Amerika Serikat

Letkol Inf Paulus Pandjaitan bersama sang istri, Novella Frisca Silalahi. Foto: Facebook Novella Frisca Silalahi

Dia juga tercatat pernah belajar di Universitas Pelita Harapan (UPH). Kemudian, dia melanjutkan kuliah di Macquarie University, Sydney, Australia, sejak 29 Juni 2015 dan lulus pada 30 Desember 2016.



Lalu, Paulus melanjutkan pendidikan di U.S Army Command and General Staff College di Fort Leavenworth, Kansas, sejak 7 Juli 2018 dan lulus pada 30 Mei 2019. Paulus menjadi salah satu lulusan terbaik di Sekolah Staf dan Komandan Angkatan Darat (Seskoad) ternama di dunia itu.

Renang dan aerobik juga tercantum dalam informasi di akun Facebook Paulus Pandjaitan. Sementara itu, informasi dari akun Instagramnya, tertulis pernah belajar di Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia XI/2004.

Profil Letkol Inf Paulus Pandjaitan, Putra Luhut yang Jadi Aspenmil di Amerika Serikat

Letkol Inf Paulus Pandjaitan bersama keluarganya. Foto: Instagram Kerri Na Basaria

Dia pernah ditugaskan dalam Satgas Garuda Unifil XXIII-B (2007), Satgasban Papua (2013), Satgas Nemangkawi 4 (2020), dan Satgas Walet V (2021). Paulus mengawali kariernya sebagai perwira pertama di satuan Baret Merah atau Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Grup 2/Para Komando sebagai Komandan Peleton sampai dengan Komandan Kompi selama lima tahun.



Selanjutnya, tujuh tahun berdinas di Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus. Sejumlah jabatan lainnya pernah diembannya, di antaranya Pabandya Lidgal Sintel Kopassus, Wadanyon 33/Wira Sandhi Yudha Cakti Grup 3 Kopassus, Danden 3 Yon 32/Apta Sandhi Prayudha Utama Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus.

Selain itu, Dantim 42 Yon 33/Wira Sandi Yudha Cakti Grup 3/Sandhi Yuda Kopassus, Dantim 21 Yon 33/Wira Sandhi Yudha Cakti Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus, Danki 2 Yon 23/Dhanuja Yudha Grup 2/Para Komando Kopassus, Pasi Intel Yon 23/Dhanuja Yudha Grup 2/Para Komando Kopassus, dan Danton 11 Yon 23/Dhanuja Yudha Grup 2/Para Komando Kopassus.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2769 seconds (0.1#10.140)