2 Laboratorium Ini Ditunjuk Pemerintah untuk Deteksi Cacar Monyet

Selasa, 26 Juli 2022 - 18:36 WIB
loading...
2 Laboratorium Ini Ditunjuk Pemerintah untuk Deteksi Cacar Monyet
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Wiku Adisasmito mengungkapkan pemerintah telah menunjuk dua laboratorium untuk mendeteksi penyakit cacar monyet di Indonesia. Foto/covid.go.id
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah menunjuk dua laboratorium untuk mendeteksi penyakit cacar monyet di Indonesia. Dua laboratorium itu adalah Laboratorium Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) Institut Pertanian Bogor (IPB) di Bogor dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof Dr Sri Oemijati di Jakarta.

“Dengan ditetapkannya status darurat internasional terhadap cacar monyet oleh WHO, pemerintah telah menyiapkan komponen-komponen yang diperlukan dalam usaha deteksi awal penyakit seperti penunjukan dua laboratorium untuk melakukan uji sampel,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Wiku Adisasmito saat konferensi pers secara virtual, Selasa (26/7/2022).

Selain itu, Wiku mengatakan pemerintah juga semakin gencar melakukan sosialisasi mengenai penyakit cacar monyet. Sosialisasi itu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penyakit ini khususnya bagaimana penyakit dapat menular.

Baca juga: Beda dengan Covid-19, Cacar Monyet hanya Menular Ketika Pasien Bergejala



“Risiko-risiko yang dapat meningkatkan penularan serta cara terhindar dari penyakit ini. Masyarakat juga diimbau untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat sebagai upaya perlindungan mandiri,” katanya.

“Upaya-upaya ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit cacar monyet secara mencegah masuk dan menyebarnya penyakit ini ke Indonesia,” tambah Wiku.

Diketahui, WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia telah menyatakan wabah cacar monyet masuk kategori darurat kesehatan global.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1397 seconds (10.177#12.26)