Diiringi Sumpah Palapa, Ribuan Petani Tebu Dompu Dukung Ganjar Presiden 2024

Senin, 25 Juli 2022 - 17:29 WIB
loading...
A A A
Salah satu petani tebu asal Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Imran (30) menyebutkan Ganjar Pranowo merupakan putra bangsa yang dibutuhkan untuk memimpin Indonesia ke depan. Menurut Imran, pandangan visioner Ganjar terbukti dapat mengentaskan banyak permasalahan tani.

"Figur dari Ganjar ini luar biasa. Beliau sayang anak-anak, pemikirannya jauh ke depan, itulah beliau. Saya sangat menginginkan Pak Ganjar saja yang menjadi presiden untuk kesejahteraan sektor pertanian dan Indonesia lebih maju," ucap Imran.

Deklarasi petani mendukung Ganjar Pranowo ini merupakan kali kelima dilakukan. Sebelumnya, dukungan petani tebu kepada Ganjar digelar di Nganjuk (Jawa Timur), Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah), Kabupaten Ogan Ilir (Sumatera Selatan), dan Kabupaten Way Kanan (Lampung).

Selain itu, acara kali ini juga dilengkapi dengan Gebyar Budaya Nusantara. Masyarakat perwakilan dari delapan suku di Kabupaten Dompu melakukan pawai mengenakan pakaian adat dari meliputi Bojo, Sasak, Jawa, Osing, Bali, Samawa, Flores, dan Madura. Pawai diiringi permainan Gendang Beleq, alat musik tradisional suku Sasak.

Mereka berjalan dari lokasi deklarasi menuju Lapangan Desa Surinomo dan disambut Reog Ponorogo, Maka Mihui, Prosesi Penerima Tamu adat Dompu hingga sejumlah tarian meliputi, Gentau, Gandrung, serta Dompu. Ada pula diskusi permasalahan pertanian tebu, santunan anak yatim dan dhuafa, tasyakuran tebang tebu, dan penyerahan sembako bagi warga yang tidak mampu secara door to door.

Hadir dalam acara Perwakilan DPN APTRI Dwi Irianto Suprihatmoko dan Roby Heranawan; Ketua Laskar Sasak Lalu Wira Dharma Sengkana; Ketua Forum Kerukunan antar-Suku dan Agama Kecamatan Pekat, Masangang Losong, serta sejumlah kepala desa di Kecamatan Pekat; khususnya wilayah perkebunan tebu, meliputi Desa Surinomo, Pekat, Nangakara, Doropeti, dan Beringan Jaya.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)