Penjelasan Detail Lambang Sila ke-3 Pancasila

Kamis, 21 Juli 2022 - 08:13 WIB
loading...
Penjelasan Detail Lambang Sila ke-3 Pancasila
Pohon Beringin merupakan lambang dari sila ke-3 Pancasila. FOTO/Tangkap Layar Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
A A A
JAKARTA - Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia memiliki simbol yang ada di dalamnya. Terdapat lima simbol yang melambangkan kelima sila.

Salah satu simbol yang berada dalam Pancasila ini adalah Pohon Beringin yang merupakan lambang dari sila ke-3. Sila ini berbunyi Persatuan Indonesia.

Negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan ini memang terkenal memiliki beragam ras, suku, dan agama yang membedakan suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Karena itulah diperlukan sebuah persatuan untuk menyatukan bangsa dari banyaknya perbedaan tersebut.

Baca juga: Mengenal Pengertian Nilai Dasar Pancasila dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Lambang Pohon Beringin yang berlatar putih ini tidaklah dibuat dengan asal tapi memiliki makna tersendiri. Pohon beringin memang terkenal sebagai pohon yang besar dan selalu memiliki pesona tersendiri bagi siapa pun yang melihatnya. Hal ini menggambarkan bangsa Indonesia yang merupakan bangsa yang besar dan memiliki keberagaman yang indah.

Kemudian, pohon beringin juga bisa dijadikan tempat berteduh. Sama halnya seperti bangsa Indonesia yang nyaman untuk ditinggali oleh siapa pun.

Selain itu, pohon beringin juga terkenal sebagai pohon yang berumur panjang dan memiliki akar yang kuat, sehingga terus menerus tumbuh besar. Memberi makna bahwa Indonesia juga merupakan negara yang kokoh dan akan terus tumbuh demi mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa.

Baca juga: Urutan Lambang Pancasila, Ini Arti Simbol dan Bagian-bagiannya

Warna putih yang melatarbelakangi pohon ini melambangkan kesucian, kemurnian, dan kejujuran. Ketiga sifat tersebut erat kaitannya dengan tujuan dari bangsa Indonesia.

Sila ke-3 Pancasila yang dilambangkan dengan pohon beringin ini juga memiliki nilai-nilai tersendiri, yaitu:
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2019 seconds (11.252#12.26)