Urutan Lambang Pancasila, Ini Arti Simbol dan Bagian-bagiannya

Selasa, 31 Mei 2022 - 08:24 WIB
loading...
Urutan Lambang Pancasila, Ini Arti Simbol dan Bagian-bagiannya
Lambang Pancasila berbentuk burung garuda dengan lima perisai di dalamnya. FOTO/DOK.BPIP
A A A
JAKARTA - Lambang Pancasila berbentuk burung garuda dengan lima perisai di dalamnya. Tak sekadar gambar, setiap bagiannya memiliki arti atau makna tersendiri yang merepresentasikan Pancasila sebagai landasan dan ideologi bangsa Indonesia.

Pancasila berasal dari dua suku kata. Panca dan Sila. Panca berarti lima, sedangkan Sila bermakna dasar. Dari dua kata tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Pancasila adalah lima dasar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berikut ini bunyi lima sila dari Pancasila:

1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia



Mengutip buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang ditulis oleh Dr H Muhammad Rakhmat, SH, MH, Pancasila yang dilambangkan Burung Garuda dengan lima perisai memiliki makna sebagai berikut:

A. Burung Garuda
Melambangkan kekuatan dan gerak dinamis. Dapat dilihat dari sayapnya yang mengembang dan siap terbang ke angkasa. Hal itu melambangkan dinamika dan semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara Indonesia.

B. Cengkeraman Kaki Burung Garuda
Dua kaki Burung Garuda kokoh mencengkeram pita putih bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Seloka atau peribahasa yang berasal dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular ini memiliki arti berbeda-beda tapi satu jua. Slogan ini menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya, dan lain sebagainya.

C. Warna Emas
Garuda Pancasila memiliki warna dominan kuning emas yang melambangkan keagungan. Ini menunjukkan bahwa Indonesia selalu menjunjung tinggi martabat bangsa yang bersifat agung dan luhur.

D. Jumlah Bulu
Garuda Pancasila memiliki bulu dengan jumlah yang merepresentasikan kemerdekaan Indonesia. Sebanyak 17 helai bulu sayap kanan dan kiri menandai tanggal kemerdekaan. Kemudian terdapat 19 helai bulu pangkal ekor dan 45 helai bulu leher yang menunjukan tahun kemerdekaan. Sementara 8 helai bulu ekor mewakili bulan kemerdekaan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3586 seconds (10.177#12.26)