Menuju Koalisi Substansial di Tahun Elektoral

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:10 WIB
loading...
A A A
Gagasan seperti apa yang hendak ditawarkan oleh partai-partai politik maupun calon pemimpin nasional mendatang untuk menjaga pemulihan kondisi perekonomian Indonesia? Setelah pandemi ini berlalu, dunia akan dihadapkan pada agenda pembangunan ekonomi hijau, berkelanjutan, dan inklusif.

Gagasan atau juga platform yang diajukan partai-partai politik maupun para calon pemimpin nasional mendatang bisa saja terkait hal tersebut. Bagaimana di masa mendatang Indonesia memiliki ketahanan ekonomi yang kuat terhadap disrupsi. Kemudian proses pemulihan ekonomi secara berkelanjutan serta dalam jangka panjang menghadirkan ekonomi hijau, digital, inklusif, dan stabil.

Kemudian diperlukan juga gagasan dari kepemimpinan nasional mendatang terhadap industri apa saja yang harus menjadi prioritas Indonesia dalam rangka semakin memperkuat struktur perekonomian nasional dan daya saing Indonesia di percaturan ekonomi global.

Kedua, menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat luas. Dalam hal ini, Partai Perindo memiliki sejumlah proposal kebijakan yang patut untuk dipertimbangkan lebih lanjut. Diperlukan upaya untuk mendorong akses permodalan, pelatihan keterampilan secara memadai bagi usaha mikro kecil menengah dan kebijakan yang lebih memberdayakan manusia Indonesia sebagai satu kesatuan keluarga dengan kebijakan jaminan keluarga sejahtera.

Kelompok ini harus didorong maju agar mereka dapat naik kelas dengan memperoleh penghasilan yang lebih baik. Salah satunya melalui program pemberian bantuan gerobak dan modal usaha bagi para pedagang dan usaha kecil menengah, Partai Perindo telah memulai untuk melakukan hal itu sejak beberapa tahun terakhir.

Selain itu, diperlukan dorongan agar terjadi perubahan terhadap postur anggaran pendapatan dan belanja negara sehingga lebih berorientasi pada pencapaian kesejahteraan masyarakat luas. Dengan begitu, kesenjangan ekonomi dan kesenjangan sosial akan dapat dipersempit. Dalam konteks itu, Partai Perindo bertekad untuk dapat memperoleh kursi di parlemen nasional melalui Pemilu 2024 sehingga dapat turut memengaruhi kebijakan serta mendorong perubahan terhadap postur anggaran pendapatan dan belanja negara tersebut.

Akhirnya, masyarakat luas juga yang akan menilai apakah penjajakan koalisi yang saat ini giat dilakukan partai-partai politik juga turut menjadikan agenda pemulihan ekonomi pascapendemi dan juga agenda menghadirkan kesejahteraan sebagai bagian dari gagasan atau platform koalisi atau tidak sama sekali? Wallahualam bishshawab.

Baca Juga: koran-sindo.com
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)