Ini alasan Australia sadap Indonesia

Kamis, 28 November 2013 - 02:23 WIB
Ini alasan Australia sadap Indonesia
Ini alasan Australia sadap Indonesia
A A A
Sindonews.com - Mantan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI, Mayjen (Purn) Sudrajat mengatakan, alasan utama negara asing melakukan penyadapan karena Indonesia diyakini sebagai negara yang cukup penting dari seluruh negara di wilayah Asia.

"Kita tidak bisa curigai Australia punya ketakutan apa (terhadap Indonesia). Tapi yang jelas dia menilai Indonesia penting," kata Sudrajat di Jalan Erlangga, Jakarta Selatan, Rabu 27 November 2013 malam.

Mantan Dirjen Strategi Pertahanan tersebut juga menegaskan, bahwa negara Australia sangat bergantung dengan Indonesia. Australia tidak ingin Indonesia menjadi negara dengan tingkat konflik horizontal yang tinggi di wilayah Asia.

"Jadi sebenarnya (Australia) sangat tergantung (dengan) orang Indonesia. Bahaya yang mengancam dari berbagai aspek untuk Australia ya Indonesia," papar Sudrajat.

Untuk itu, Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Cina (RRC) tersebut meyakini bahwa Australia melakukan penyadapan hanya untuk mengamankan dan menjamin bahwa Indonesia tetap stabil dari berbagai aspek, baik politik, ekonomi dan sosial budaya.

"Jadi kalau menurut saya sebenarnya Australia sendiri yang tak menginginkan Indonesia tidak stabil. Jadi kepentingan Australia terhadap Indonesia itu hanya stabilitas Indonesia," pungkas Sudrajat.

Baca berita:
Kasus penyadapan, momentum Indonesia tunjukkan daya tawar
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7139 seconds (0.1#10.140)