Mengenal Warna dan Posisi Baret TNI, Ada yang Terinspirasi Cahaya Jingga saat Fajar

Kamis, 23 Juni 2022 - 05:43 WIB
loading...
A A A
Markas Besar (Mabes) TNI AU juga diketahui mengenakan baret berwarna biru tua atau dikenal dengan Baret Lanud. Baret ini digunakan di satuan kerja Pangkalan Udara dan juga dipakai hampir seluruh personel TNI AU di luar Paskhas dan POM AU. Baret ini dengan emblem berlambang Swa Bhuwana Paksa yang bermakna sayap penjaga Tanah Air.

8. Baret Ungu
Baret ini dkenakan oleh Korps Marinir TNI AL. Baret ini menggenakan emblem Jalesu Bhumyamca Jayamahe dalam bingkai segi lima berwarna merah. Lambangnya berupa jangkar dengan lingkaran yang di dalamnya terdapat keris dan peta Indonesia.

Selain itu, baret unggu juga dikenakan Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) di bawah Korps Marinir. Hanya bedanya pada baret Yon Taifib, selain lambang Jalesu Bhumyamca Jayamahe juga terdapat Brevet Trimedia dengan gambar penyelam dan parasut di atasnya.

Detasemen Jalamangkara (Denjaka) juga menggenakan baret ungu. Denjaka adalah sebuah detasemen penanggulangan teror aspek laut TNI AL. Denjaka adalah satuan gabungan antara personel Kopaska dan Taifib Marinir TNI AL.

9. Baret Jingga
Korps Pasukan Khas (Kopaskhas) merupakan pasukan elite yang berasal dari satuan TNI Angkatan Udara yang menggenakan baret bewarna jingga. Pada baret jingga Paskhas terdapat emblem lambang berupa perisai dengan gambar parasut, senapan, dan artileri pertahanan udara. Pada lambangnya terdapat tulisan semboyan Paskhas, Karmaye Vidikaraste Mafalesu Kadatjana yang memiliki arti bekerja tanpa menghitung untung rugi.

Warna baret jingga Paskhas terinspirasi dari cahaya jingga saat fajar di daerah Margahayu, Bandung, yaitu tempat pasukan komando ini dilatih. Kopaskhas merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat. Warna jingga pada Baret Paskhas bermakna bahwa para prajurit Paskhas mempunyai jiwa keberanian dan jiwa kerelaan berkorban yang tinggi didukung dengan keteguhan hati yang mantap.

Makna Baret yang Dimiringkan
Mungkin banyak masyarakat yang belum tahu posisi baret ketika dikenakan oleh seorang prajurit ternyata memiliki arti. Baret yang dimiringkan ke kiri memiliki arti bahwa pasukan yang mengenakannya mempunyai tugas keamanan, pengamanan, dan penegakan hukum. Baca juga: Profil Alex Kawilarang Pendiri Kopassus, Pasukan Elite TNI yang Ditakuti Dunia

Sementara, baret yang dimiringkan ke posisi kanan menandakan bahwa pasukan tersebut adalah pasukan yang berada dalam kesiapan tinggi dan siap tempur.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5944 seconds (0.1#10.140)